BERITABETA.COM, Ambon – Puluhan Pegawai Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon, Senin (9/03/2020) dibuat kaget dengan kunjungan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku.

“Tes urine dilakukan secara dadakan tanpa diketahui lebih dulu oleh pegawai Basarnas Ambon. Puluhan pegawai Basarnas Ambon kaget, setelah sejumlah petugas BNN Provinsi Maluku tiba-tiba muncul di kantor,”

Kedatangan petugas BNN ini bersamaan dengan berlangsungnya rapat evaluasi internal di kantor tersebut. Puluhan pegawai yang mengikuti rapat, kemudian  diarahkan untuk melakukan pemeriksaan urine.

Kepala Basarnas Ambon Ambon, Muslimin mengatakan, kunjungan mendadak petugas BNN ini sengaja tidak memberitahukan kepada para bawahannya, terkait pemeriksaan urine.

“Mereka kaget kaget, tiba-tiba ada petugas BNN berkunjung dan melakukan tes urine, saya tidak beritahukan kepada pagawai sebelumnya,” ungkap Muslimin di Ambon,  Senin (9/03/2020).

Ia menjelaskan,  dari 60 pegawai Basarnas Ambon,  hanya sebanyak 49 orang yang mengikuti tes urine. Sementara sisanya tengah menjalankan tugas dinas di luar kota.

“Semua yang mengikuti rapat internal ikuti tes urine tersebut tanpa terkecuali. Hanya pegawai yang sedang dinas luar kota tidak ikut,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan petugas BNN itu, menyebutkan puluhan pegawai Basarnas Ambon negatif narkoba.

“Hasil pemeriksaan  semua pegawai yang  menjalani tes dinyatakan negatif narkoba,” ujarnya.

Pemeriksaan urine, kata dia, dilakukan untuk mencegah pemakaian narkoba di lingkungan Basarnas Ambon. Sebab, pekerjaan di Basarnas memerlukan fisik yang fit, sehingga dalam melaksanakan operasi SAR tidak ada kendala sakit karena obat-obatan terlarang (BB-DIO)