BERITABETA.COM, Tual – Komitmen Walikota Tual Adam Rahayaan untuk membasmi masalah narkoba di lingkup Pemkot Tual terus dilakukan. Kali ini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tual diwajibkan mengikuti tes urine untuk memastikan para abdi negara itu bersih dari narkoba.

Tes urine ini digelar dengan menggandeng BNN Tual. Tes urine dilakukan secara massal di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Walikota Tual Adam Rahayaan kepada wartawan di pendopo Yarler Tual, Rabu (30/9/2020) mengatakan, tes urine dilakukan untuk menyasar setiap ASN yang belum dites urine-nya.

” Hari ini kita melakukan tes urine bagi SKPD yang belum ikut tes urine, kalau ada yang tidak hadir pasti dijemput,” katanya.

Dikatakan, kegiatan tes urine ini merupakan implementasi dari visi dan misi Walikota Tual dan Wakil Walikota Tual sebagai bentuk perang melawan Narkoba di lingkup Pemkot Tual.

“Semua pegawai hadir untuk ikut tes urine untuk menyongsong dua tahun pemerintahan ini,” ungkap, Rahayaan.

Rahayaan mengancam, apabila dalam pelaksanaan tes urine ini, ada ASN yang tidak hadir. Maka pihaknya akan memerintahkan Satpol PP untuk menjemput yang bersangkutan  di rumah masing-masing.

“Jika ada  ASN yang positif konsumsi narkoba, maka kita tidak segan-segan untuk memberikan sanksi dan melakukan rehabilitasi,” terangnya.

Ia juga mengaku, akan mengajukan surat ke Menpan RB untuk minta petunjuk, bila ada ASN yang ketahuan berturut-turut mengkonsumsi barang haram itu.

“Kira-kira petunjuk seperti apa itu yang akan kita jalani,” jelasnya.

Walikota Tual juga menghimbau kepada seluruh ASN di lingkup Pemkot Tual dan masyarakat secara umum agar menjauhkan diri dari narkoba.

”Kalau sayang anak dan istri, saya himbau agar seluruh ASN dan masyarakat agar terhindar dari barang haram tersebut demi masa depanmu sendiri,” pintanya.

Wartawan beritabeta. com melaporkan dari Tual, kegiatan ini dipantau  langsung oleh Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge. Tes urine berlangsung Dalam penjagaan ketat oleh Satpol PP Kota Tual.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemkot Tual bersama  BNN Tual telah melakukan tes urine bagi ASN di lingkup Pemkot Tual, dari hasil tes terdapat 6 orang ASN positif konsumsi narkoba (BB-OL)