BERITABETA.COM, Ambon – Warga Desa Ngaibor, Kecamatan Aru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, kini akhirnya menikmati listrik yang dipasok oleh PT PLN (Persero).

Pasokan listrik dari PLN diresmikan oleh  Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Muin Sogalrey bersama Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual, Martinus Pasensi pada Selasa (21/03/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Asisten Dua, Fredy Gaite, Jajaran Forkopimda Kabupaten Kepulauan Aru, serta Tokoh Agama.

Sogalrey mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk melakukan upaya pemerataan listrik pedesaan demi terwujudnya energi berkeadilan yang dipetakan berdasarkan data Potensi Desa (PODES).

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya memberikan apresiasi kepada semua pihak, mulai dari DPR RI, Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten, dan terkhususnya pihak PLN UP3 Tual  dan ULP Dobo yang telah membangun kerjasama dengan baik melalui pendekatan ekspansi perluasan jaringan listrik kepada masyarakat yang tinggal di pedalaman, tersebar dan jaraknya jauh dari jaringan listrik PLN,” ungkapnya.

Wabup Aru ini berharap PT PLN (Persero) dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan Program listrik desa (Lisdes) yang merupakan bentuk kepedulian negara untuk menghadirkan listrik di daerah 3T (terdepan,terluar, tertingg) dan mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat yang berada di pelosok desa terpencil dimana memiliki hak yang sama untuk menikmati energi listrik.

Ia menambahkan, Pemerintah Kecamatan dan Desa agar dapat membantu mengedukasi masyarakat agar dapat menjaga dan memelihara insfrastruktur kelistrikan dengan baik sehingga PLN dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

Hal ini perlu ditegaskan karena salah satu faktor kendala belum dioperasikan listrik di beberapa titik, dikarenakan oleh infrastruktur kelistrikan yang dirusak oleh oknum.