BERITABETA.COM – Lama tak terdengar kabarnya, pesepak bola naturalisasi Indonesia Raphael Maitimo diam-diam punya rencana baru untuk mendirikan klub sepak bola baru yang diberinama  Maluku United.

Rencana ini sontak menjadi perbincangan di dunia maya. Maitimu mengunggah rencananya itu di  media sosial Twitter.

Pria berusia 38 tahun ini bahkan menuliskan akan memulai agendanya mendirikan Maluku United dari tanggal 4-6 November 2022.

Dalam mewujudkan rencana ini, Maitimo tidak sendirian.  Ia menggandeng rekannya yang juga pemain naturalisasi Indonesia, Sergio van Dijk.

Rencana mendirikan klub bernama Maluku United pun mendapat reaksi beragam dari netizen dan penikmat sepak bola Tanah Air.

Sebagian besar banyak yang mendukung langkah Maitimo dan Van Dijk tersebut, mengingat Maluku tak memiliki klub yang bisa berkiprah di pentas teratas Indonesia.

Niat Maitimo dan Van Dijk ini juga diharapkan bisa menyaring bakat-bakat anyar dari Maluku dan menjadi wadah bagi mereka berkarier di kancah sepak bola.

Raphael Maitimo merupakan pemain keturunan yang lahir di Rotterdam, Belanda, pada 17 Maret 1984 silam.

Ia memililki darah Indonesia dari leluhurnya yang berasal dari Minangkabau dan Maluku.

Maitimo mengawali karier di Belanda, di mana bakatnya saat muda tercium oleh Feyenoord Rotterdam.

Di akademi Feyenoord itu, Maitimo bermain bersama Robin van Persie, penyerang legendaris Belanda yang pernah membela Arsenal dan Manchester United.

Ia pun juga sempat membela Timnas Belanda kelompok umur, bersama para pemain kenamaan lainnya seperti Arjen Robben dan Wesley Sneijder.

Sayangnya, karier Maitimo tak secemerlang rekan-rekannya itu. Pada 2005, Maitimo bergabung tim kasta kedua, FC Dordrecht.