BERITABETA.COM, Ambon – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak masyarakat Maluku untuk berhijrah ke arah yang lebih baik.

“Saya ingin mengajak kita sekalian untuk memahami dan memaknai hijrah sebagai teladan bagi kita dalam membangun kehidupan berbangsa, khususnya di Maluku, untuk menuju masa depan yang lebih baik,” ungkap Gubernur saat menyampaikan sambutan pada Perayaan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang dilakukan secara virtual, di kediaman pribadinya, Sabtu (21/8/2020).

Gubernur Maluku mengatakan, Tahun Baru Islam, harus dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persaudaraan (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah) dengan  mempererat persaudaraan sesame anak bangsa.

“Jika hubungan ini bisa diimplementasikan dengan baik, saya percaya masyarakat di negeri ini akan menjadi kuat, dan masyarakat kita akan terhindar dari perpecahan yang bisa berujung konflik,” kata guburnur.

Dikatakan, ajak untuk hijrah ini harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Maluku dengan melakukan beberapa hal, sebagai bentuk refleksi.

Pertama, berhijrah dari kurang iman dan taqwa menuju peningkatan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Kedua, berhijrah dari kebodohan dan keterbelakangan menuju pengutamaan pendidika, karena umat tidak akan pernah bangkit dan maju, jika tidak berhijrah kepada pengutamaan Pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Ketiga, berhijrah dari perpecahan menuju persatuan, yaitu umat harus sadar bahwa pertolongan Allah SWT akan dating jika ada persatuan, dan perpecahan hanya akan melemahkan mereka meraih kemajuan.

Keempat, berhijrah dari malas menuju rajin dan menjadi pekerja keras yaitu kemajuan yang diawali dengan niat, semangat dan kerja keras. Karena tidak ada kemajuan dan kejayaan tanpa kerja keras.

Kelima, di tengah wabah pandemi Covid-19 marilah  memperkuat kesadaran hidup bersama dengan senantiasa saling peduli, kerjasama dan bersinergi dalam memberantas ancaman Cvid-19.

“Patuhi  anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan. Jadikan momentum 1 Muharam sebagai upaya kita bersama untuk berhijrah dari kehidupan di masa pandemic covid-19 menuju kehidupan normal,” urainya.

Perayaan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Maluku bersama-sama Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku.

Perayaan diikuti seluruh bupati/walikota se- Maluku dengan tausiyah disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI, Prof. Dr. Kamarudin . M. A secara virtual.

Acara dihadiri Forkopimda Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang,  Kepala Kantor Agama Provinsi Maluku, Jalamaludin Bugis, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimura beserta para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku  (BB-DIO)