BERITABETA.COM, Bula — Agenda reses masa persidangan ke-1 tahun 2021 yang dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Fathul Kwairumaratu, di Desa Kilfura Kecamatan Seram Timur Kabupaten SBT, Kamis (6/5/2021), menyerap banyak keluhan masyarakat.

Masyarakat Desa Kilfura menyampakan curahan hati alias curhat kepada Fathul Kwairumaratu. Mereka meminta adanya perhatian dan bantuan pemberdayaan utamanya terhadap para nelayan di desa yang tidak jauh dari Pulau Geser itu.

Selain masyarakat, Sekretaris Desa Kilfura mewakili masyarakat Kilfura juga meminta kepada Sekretaris Fraksi Pembangunan Demokrasi Nasional (PDN) SBT itu untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat setempat.

"Bapak dewan, pekerjaan kami sebagai nelayan. Tolong bantu kami punya alat tangkap seperti jaring dan lainnya," ucap Sekretaris Desa mewakili masyarakat dalam pertemuan bersama masyarakat setem[at.

Sementara itu salah satu warga Desa Kilfura Abas Kilwouw yang turut hadir dalam pertemuan ini meminta perhatian DPRD SBT untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Kilfura.

Dalilnya, sarana air bersih menjadi satu dari deretan persoalan yang selama ini dialami masyarakat desa setempat.

"Kami butuh air bersih. Tolong diperhatikan karena disini musim panas sering susuh air," ungkap Abas.

Masyarakat Desa Kilfura juga meminta Aleg dari Partai Persatuan Pembangunan ini untuk memperjuangkan armada laut yaitu pengadaan unit alat tranportasi laut berupa Longboat.

Satrana ini sangat membantu mereka khususnya dijadikan sebagai angkutan bagi para siswa-siswi dari dari Desa Kilfura untuk ke sekolah di Geser.

"Kami minta pak dewan bisa melihat kondisi kami saat ini. Anak-anak sekolah disini setiap saat menyeberang ke Geser. Kalau bisa ada bantuan tranportasi untuk anak-anak sekolah ini," pinta salah satu perwakilan pemuda Desa Kilfura kepada Fathul.

Menanggapi berbagai keluhan masyarakat tersebut, Fathul mengapresiasi secara positif. Dia siap memperjuangkan keluhan soal sarana transportasi, ditargetkan dalam waktu dekat. Sedangkan keluhan lainnya akan diperjuangkan saat paripurna di DPRD Kabupaten SBT.

Fathul yang juga Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) SBT ini mengakui, sebelum melakukan reses di Desa Kilfura Kecamatan Seram Timur, pihaknya telah menyiapkan pokok pikir sebanyak 100 juta untuk masyarakat di Wilayah Seram Laut itu.

Dia berjanji melalui dana aspirasi nanti akan digunakan untuk kebutuhan pengadaan alat tangkap untuk para nelayan di pesisir Laut Seram.

"Saya sudah siapkan 100 juta dalam pokok pikir saya untuk membantu masyarakat Seram Laut secara keseluruhan termasuk Desa Kilfura," akuinya.

Terkait aneka asiprasi yang disampaikan masyarakat, Fathul juga berjanji untuk memperjuangkannya.

Dia akan membangun koordinasi dengan pihak balai terkait untuk meminta perhatian serius soal air bersih.

"Saya akan perjuangkan ini, mohon doanya. Jika beta lupa, tolong diingatkan," tuturnya. (BB-AZ)