BERITABETA.COM, Bula — Komandan Rayon Militer (Danramil) 1502-04/Geser, Kapten Inf. Sofyan Bin Djafar meresmikan fasilitas air bersih dan fasilitas Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) di Dusun Wawasa, Desa Kilwaru, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Selasa (20/8/2024).

Danramil 1502-04/Geser, Kapten Inf. Sofyan Bin Djafar dalam keterangan tertulis yang diterima beritabeta.con menerangkan, kegiatan peresmian ini ditandai dengan dirinya melakukan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pembukaan kran air oleh istrinya selaku Ketua Persit KCK Ranting 5/Geser.

"Kegiatan pengresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danramil 1502-04/Geser dilanjutkan pengguntingan pita dan pembukaan kran air oleh lbu Ketua Persit KCK Ranting 5/ Geser didampingi oleh lbu Ketua Bayangkari Ranting Geser dan para pejabat Muapika Kecamatan Seram Timur," terangn Kapten Inf. Sofyan Bin Djafar.

Sofyan mengungkapkan, proyek air bersih dan MCK yang diresmikan tersebut murni hasil swadaya masyarakat bersama Komando Rayon Militer (Koramil) 1502-04/Geser dengan melibatkan Kepolisian Sektor (Polsek) Geser dengan total anggaran mencapai Rp 120 juta.

Dia bercerita, dana awalnya berasal dari Danramil yang diberikan kepada Karang Taruna Dusun Wawasa dengan tujuan membuat kue untuk dijual dalam bentuk bazar serta bantuan berupa sumbangan dari sejumlah pihak.

"Proyek Air bersih dan MCK yang diresmikan tersebut adalah murni hasil swadaya masyarakat bersama Koramil 1502-04/Geser dengan jumlah anggaran mencapai Rp 120.000.000 yang diperoleh dengan cara dana awal dari Danramil kepada Karang Taruna Dusun Wawasa, kemudian membuat kue dan menjual dalam bentuk bazar serta sumbangan dari para dermawan," ungkapnya.

Ia menandaskan, pekerjaan air bersih dan MCK ini dituntaskan dalam kurun waktu kurang lebih lima bulan, terhitung mulai dari peletakan batu pertama pembangunan bak penampungan dan MCK.

Pihaknya menambahkan, proyek air bersih ini dilakukan dengan cara membuat sumur galian sedalam 4 meter dengan menggunakan dap menuju bak penampungan dan disalurkan ke rumah-rumah warga berupa titik ledeng.

"Kegiatan pekerjaan diawasi dan dipimpin langsung oleh Babinsa saudara Dominggus Sedubun dan Koptu lndarto dengan waktu selama kurang lebih 5 bulan, ditandai dengan pemasangan batu pertama pembangunan bak penampungan dan MCK.