BERITABETA.COM, Makassar –  Kedepan pejabat eselon II akan dijadikan pejabat nasional, bukan lagi pejabat daerah. Inilah salah satu target yang akan dilakukan dalam revisi regulasi jenjang karir pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda).

Kepastian ini disampaikan  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin kepada wartawan saat menghadiri kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2019 dan pembukaan Musrembang RPJMD Sulsel di gedung Celebes Convention Center (CCC) Makassar, Kamis (20/12/2018).

Ia mengatakan, pihaknya tengah menjajaki revisi regulasi tentang jenjang karier nasional untuk menjaga keseimbangan kinerja pemerintahan pusat dan daerah.

“Eselon II akan dijadikan pejabat nasional jadi bukan lagi pejabat daerah,” kata Syafruddin

Lebih jauh dijelaskan, revisi regulasi tentang pola karier nasional ini juga dimaksudkan untuk memberlakukan learning knowledge.

Jadi, lanjutnya, ke depan akan dilakukan melalui rotasi nasional bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) madya dan pratama (eselon I dan II) secara lintas kedaerahan.

“Dengan demikian, 12.600 PPT madya dan pratama dapat ditampung talent pool nasional yang menyediakan ketercukupan pilihan untuk lowongan jabatan serta menjaga kontribusi pejabat itu bagi pemerintah,” pungkas Syafruddin. (BB-DPT)