BERITABETA.COM, Masohi – Ribuan warga  Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), memenuhi alun alun Masjid Raya Ibnu Abdullah mengikuti Istighosah Kubro dan doa bersama meminta perlidungan, keberkahan dan keselamatan kepada Allah.

Istighosah Kubro  dan doa bersama ini digelar  dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Masohi ke -62 yang jatuh pada 3 November 2019.

Istighosah yang berlangung di Masjid Raya Kota Masohi ini digelar Majelis Ta’lim Gabungan se- Kabupaten Malteng bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan berlangsung, Jamat sore (1/11/2019).

Kegiatan religi  itu dihadiri Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, para PNS, tokoh masyarakat serta pemuka agama. Istighosah diawali dengan sholat Asyar berjamaah kemudian dilanjutkan dengan dzikir bersama dan siraman rohani yang disampaikan Kepala Kemenag Malteng Hanafi Rumatiga.

Ketua Majelis Ta’lim Gabungan Kabupaten Malteng, Ru’ati Amien Tuasikal disela-sela kegitan itu mengatakan, Istighosah Kubro digelar selain untuk mensyukuri bertambah usia Kota Masohi ke 62, kegiatan tersebut juga bertujuan bermohon kepada Allah SWT agar Kabupaten Malteng terlindungi dan terhindar dari marabahaya.

Ribuan warga Kota Masohi mengikuti kegiatan Istighosah Kubro yang berlangung di Masjid Raya Kota Masohi (1/11/2019).

“Kita Berdoa dan minta perlindungan dari Allah SWT agar masyarkat Malteng terhindar dari musiba. Dan juga berdoa untuk keselamatan saudara kita yang tertimpa bencana gempa,” ujar Ru’ati.

Sementara Bupati Malteng Tuasikal Abua yang hadir sebagai ketua Dewan Syuro Majelis Ta’lim Gabungan menjelaskan, kegiatan menyambut HUT Kota Masohi tidak seperti tahun tahun sebelumnya. Dimana saat itu banyak rangkaian kegiatan. Namun hal itu tidak dilakukan dalam menyambut HUT  Kota Masohi di tahun 2019 ini.

“Saudara saudara kita baru tertimpa bencana gempa 26 September lalu dikuti dengan ribuan gempa susulan. Olehnya itu kita hanya gelar dua kegiatan sambut HUT Kota.  Pertama dzikir akbar bagi muslim dan ibadah lain bagi warga non muslim. Yang kedua kita hanya menggelar upacara perayaan HUT Kota Masohi yang ke- 62 yang Insya Allah digelar Senin besok,” jelasnya.

Dari pantauan media beritabeta.com di Masohi, kegiatan yang disponsori Majelis Taklim se- Kabupetan Malteng dengan Pemkab Malteng ini dihadiri kurang lebih sekitar  15000 kaum muslim yag ada di kota Masohi dan sekitarnya. 

Jamaah terdiri dari berbagai kalangan dan tingakatan mulai dari pelajar di tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA hingga  Mahasiswa. Ditambah pula para ASN di lingkup Pemkab Malteng dan masyarakat luas (BB-FA)