Rose Pandanwangi
Rose Pandanwangi

BERITABETA.COM – Sosoknya terus bersinar di usia senja. Tanpa sengaja, Selasa 18 Agustus 2020, seorang sahabat dari Jakarta mengirimkan sepotong video berisi tampilan seorang nenek yang duduk di kursi roda sambil bernyanyi.

Video yang dikirim ke pada wartawan beritabeta.com ini, sontak menarik perhatian. Paslanya, nenek yang didaulat bernyanyi itu, tampil di sebuah acara yang tak lain adalah perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 75.

Meskipun tak jelas dimana sosok nenek ini tampil, namun terlihat di sampingnya terdapat seorang perempuan mengenakan masker mencoba mengatur microfon kepada sang nenek. Siapa sosok ini?

Penasaran dengan sosoknya, redaksi beritabeta.com kemudian menanyakannya.  Ternyata, sosok yang tampil membawakan lagu “Indonesia Pusaka” ciptaan Ismail Marzuki adalah penyanyi seriosa ternama Rose Pandawangi.

Rose tampil memukau, suaranya masih ‘wangi’ seperti nama yang disandangnya. Lagu “Indonesia Pusaka” yang dibawakan, masih terdengar merdu dengan suara yang stabil.

Penyanyi kondang yang dulu dikenal dengan nama Rose Sumabrata ini, awal tahun 2019 lalu juga tampil memukau di sebuah acara yang digelar di panggung Ciputra Artpreneur Theater.

Saat itu Rose juga tampil melantunkan  lagu “Indonesia Pusaka”. Lewat Dentingan tuts piano Ananda Sukarlan yang mengiringinya, mantan bintang radio era 1960-an ini menyuguhkan suara sopranonya yang cukup jernih.

Ros saat itu tampil dalam acara “Kisah Mawar, 90 Tahun Rose Pandanwangi untuk Seriosa dan Keroncong Indonesia”.

Siapa Rose Pandanwangi?

Rose Pandanwangi lahir dengan nama Rosalina Wilhelmina Poppeck pada 26 Januari 1929 di Makassar. Ayahnya berdarah Jerman, bernama Gustav Poppeck dan ibunya, Sara Elizabeth Pondt Supit, keturunan Spanyol dan Manado.

Sejak kecil, Rose sudah digembleng olah vokal dan berlatih piano. Beranjak dewasa, dia dikirim orangtuanya ke Belanda untuk meneruskan sekolah, sebab keadaan di Indonesia tak kunjung membaik.