BERITABETA.COM, Bula — Pembina Pesiar Foundation Agil Rumakat sangat berharap peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) untuk mempromosikan produk lokal.

"Harapannya semoga Pemda melalui OPD teknis dapat mempromosikan ke luar SBT," harap Agil Rumakat dalam konferensi pers yang digelar di Sekretariat Pesiar Foundation di kawasan Protokol Kota Bula, Senin (14/08/2023) malam.

Rumakat menilai, Festival Ekonomi Kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2023 yang melibatkan 28 pelaku usaha di daerah itu telah sukses digelar oleh Pesiar Foundation pada Minggu malam.

Menurutnya, selain sukses pada penyelenggaraan, capain yang ditargetkan adalah harus sukses pada pemasaran produk-produk daerah.

"Tentu ini bukan suatu pekerjaan yang gampang, yang lebih sulit lagi kalau itu dibebankan ansih kepada teman-teman Pesiar Foundation. Kami hanya mewadahi dan mempromosikan kepada Pemda bahwa inilah potensi SBT, inilah potensi kearifan yang kita miliki," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten SBT ini juga berharap agar ada upaya pembinaan, penguatan modal dan penyediaan pasar yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Daerah (Pemda) SBT.

"Kami berharap ada upaya pembinaan, penguatan modal dan penciptaan pasar yang dilakukan oleh Pemprov maupun Pemda SBT," ucapnya.

Wakil rakyat empat periode ini membeberkan, komunitas yang diasuhnya itu sudah tiga kali berturut-turut menyelenggarakan event pameran ekonomi kreatif.

Dia mengaku, kegiatan ini sudah menjadi event tahunan, sehingga direncanakan pada 2024 mendatang Pesiar Foundation akan kembali menyelenggaran kegiatan serupa dengan format berbeda.

"Pemda harus melihat ini sebagai upaya yang dimiliki anak-anak muda SBT untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Bicara tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat SBT, bicara tentang perbaikan pola hidup masyarakat SBT, kalau tidak digerakkan bersama-sama dengan masyarakat dan tidak memberdayakan kemampuan masyarakat maka sama saja kita mimpi di siang hari," bebernya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi