BERITABETA.COM, Ambon – Komitmennya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Maluku terus dilakukan dengan intervensi sejumlah program yang dijalankan di daerah ini.

Dalam sepekan,  Anggota DPR RI Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends telah menjalankan tiga kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang dilangsungkan di tiga kabupaten di Maluku.

Diklat bertema Aneka Olahan Ikan itu digelar bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, melalui Balai Diklat Industri Makassar dan  dipusatkan di Kabupaten Maluku Tengah, Kepulauan Aru dan Seram Bagian Barat (SBB).

Anggota Komisi VII DPR RI  ini menjelaskan, paket Diklat yang dijalankan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para peserta terutama bagi calon pelaku usaha agar mampu mengola usaha-usaha kecil yang digeluti menjadi lebih profesional kedepan.

“Kita berharap dengan ikut menjadi peserta dalam Diklat ini, nantinya para peserta kedepan akan menjadi wirausaha mandiri,  sejahtera dan dapat menciptakan usaha dan  bahkan dapat menjadi pengusaha-pengusaha lokal yang dicari investor dari luar,” kata Mercy kepada media ini, Rabu malam (21/6/2023).

Kegiatan Diklat Aneka Olahan Ikan dimulai di Kabupaten Maluku Tengah, tepatnya di Kecamatan Saparua  dengan melibatkan puluhan peserta yang teridiri dari para ibu dan remaja.

Dalam Diklat ini, Pj Bupati Malteng yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ronald J. Hetharia menyampaikan apresiasi  atas kepedulian legislator Maluku ini dengan menggelar Diklat yang bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Maluku Tengah.

 

Peserta Diklat Aneka Olahan Ikan di Kabupaten Kepulauan Aru

 

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Ibu Mercy Barends dan Kepala Balai Diklat Industri Makassar atas kepedulian dan perhatian yang sangat besar bagi kemajuan daerah dan kesjahteraan masyarakat Maluku Tengah melalui pelaksanaan diklat ini,” ungkap Ronald.

Kepada para peserta,  Roland juga berharap dengan mengikuti Diklat seluruh peserta dapat menyerap pengetahuan yang disampaikan dengan baik dan kedepan dapat berkiprah sebagai SDM yang berkompeten di dunia Industri sesuai dengan sektornya masing masing.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Kepulauan Aru yang diwakili oleh  Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Jhon F. Tabela saat berlangsungnya Diklat ini di Kabupaten Kepulauan Aru.