Abdul Azis Yanlua bersama Mercy Christy Barends dalam sebuah acara partai yang digelar di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, beberapa waktu lalu
Abdul Azis Yanlua bersama Mercy Christy Barends dalam sebuah acara partai yang digelar di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, beberapa waktu lalu

BERITABETA.COM, Ambon – Sosok Mercy Christy Barends dinilai merupakan perempuan yang konfrontatif, karekternya cukup tegas dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Maluku di parlemen, selain itu Mercy memiliki pengalaman yang mumpuni dan menguasai seabrek permasalahan yang melilit Maluku.

“Sosok seperti Mercy Barends patut  diperjuangkan untuk kembali mewakili Maluku dan   secara institusi di tingkat DPC, kami akan all out memberikan dukungan dan kerja untuk meloloskan beliau,”  kata Wakil Ketua Bidang Ideologi Partai, DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Azis Yanlua, menjawab beritabeta.com via telepon selularnya, Sabtu (16/2/2019) malam.

Menurut Azis, dengan jumlah kuota  kursi Maluku yang hanya 4  dari total 575 kursi di Senayan,  maka sepatutnya rakyat Maluku dalam Pemilu 2019 mendatang  harus berhati-hati dalam memilih wakilnya. Sebab, Maluku membutuhkan figure potensial, memiliki track record yang jelas dan juga memahami semua permasalan yang terjadi di Maluku.

“Kalau hanya memilih tanpa mengetahui kualitas wakil yang dipilih, pastinya kedepan kepentingan Maluku kedepan akan lebih suram. Kita masih memiliki seabrek permasalahan dan wajib hukumnya kita mengirim figur seperti Mercy Barends, ‘beber Azis.

Mengkaji berbagai peluang yang ada saat ini, kata Azis, maka secara institusi DPC PDI-Perjuangan SBT, akan siap mengarahakan kekuatan untuk memenangkan Mercy Barends sebagai bentuk pertanggungjawaban moral terhadap rakyat.

Azis bahkan mencontohkan, dalam sejarah perlemen RI, Maluku selama ini tidak pernah memiliki wakil yang ditempatkan parpol di Komosi VII yang membidagi masalah energi dan mineral. Hanya Mercy Christy Barends  yang oleh PDI-Perjuangan dianggap layak untuk berada di komisi bergengsi itu. Dan saat berada di Komisi VII DPR-RI, srikandi Maluku ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap Maluku.

“Banyak hal yang secara internal kami ketahui, Ibu Mercy Barends banyak memberikan andil dalam sejumlah program pemerintah terkait bidang yang ditangani komisi VII, salah satunya terkait Program BBM Satu Harga, kemudian rencana beroperasinya Blok Masela dan juga masalah kelistrikan di Maluku,”tandas Azis.

Untuk itu, lanjut Azis, sebagai kader partai, pihaknya sangat menaruh perhatian dan harapan untuk Mercy Barends kembali dikirim partai mewakili Provinsi Maluku di Senayan. Kata Azis, sosok seperti Mercy Barends layak diperjuangkan, karena memiliki kemampuan dan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi.

“Dia sosok yang komplit. Cerdas, punya track record yang bagus, dan juga menguasai berbagai persoalan di daerah ini, maka wajib dipertahankan untuk kembali berada di Sanayan,” tandas Azis Yunlua (BB-DIO)