BERITABETA.COM, Ambon – Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Maluku Mercy Chriesty Barends, ST mengungkapkan keinginannya untuk terus mendorong Industri Kecil Menengah [IKM] di Maluku agar maju dan berkembang di masa mendatang.

Hal ini disampaikan saat membuka Diklat Teknis Pengelolaan Hasil Rumput Laut yang diikuti puluhan anak muda yang tersebar di beberapa daerah di Maluku.

Diklat yang dihelat atas kerjasama dengan Kementerian Perindustrian ini dimaksudkan untuk membentuk tenaga-tenaga terampil bahkan pengusaha-pengusaha muda di Maluku yang bergerak dalam bidang pengolahan sumber daya alam di Maluku.

“Salah satunya diklat hari ini dengan target kedepan, para pesertanya dapat menguasai berbagai pengetahuan di bidang pengolahan hasil laut terutama untuk komoditas rumput laut yang dibudidayakan di beberapa daerah di Maluku,” ungkap Mercy kepada wartawan di Kantor Balai Standarisasi Pelayanan Jasa Indsutri [BSPJ] Ambon, Rabu (19/10/2022).

Politisi PDI-Perjuangan ini menegaskan, diklat ini diusung setelah melihat adanya potensi pengembangan budidaya rumput laut yang dilakukan petani rumput laut di teluk Baguala Ambon. Sehingga kedepan diharapkan, hasil dari usaha budidaya itu dapat dikelola lebih lanjut menjadi produk-produk turunan yang memiliki nilai ekonomi.

“Lewat diklat ini, kita berharap akan terbentuk satu mata rantai industry dengan hadirnya produk-produk turunan berupa jeli, tepung dan karejanan dan sejumlah bahan olahan lainnya yang dapat dikemas dengan baik,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap semua IKM di Maluku ini dapat terintegrasi dari hulu kehilir. Tentunya dimulai dari diklat dasar untuk desiminasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan didukung oleh seluruh sumber daya alam yang di miliki daerah ini.

“Jadi mereka akan berdaulat di dengan hasil alam yang dimiliki di daerah ini, dan bisa menhasilkan produk bernilai ekonomis” katanya.