BERITABETA.COM, Jakarta – Setelah Sandy Walsh dan Jordi Amat dua pemain keturunan tiba di Jakarta menyelesaikan proses naturalisasi, dalam waktu dekat, Shayne Pattynama,  pemain keturunan yang saat ini bermain untuk Viking FK di Liga Norwegia, akan tiba di Jakarta melajalani proses yang sama.

Pattynama akan mendatangi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, kemudian melakukan serangkaian tes medis dan ditutup oleh wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Shayne (Pattynama) sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi dikutip dari bolaskor.com.

Yunus memastikan, pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses ini.

“Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi,” ujar Yunus menambahkan.

Saat ini, Shayne Pattynama adalah pemain berposisi fullback kiri yang bermain di kasta tertinggi Liga Norwegia, Viking FK.

Melansir Transfermarkt.com, Shayne Pattynama sudah bermain sebanyak sembilan kali dengan total 543 menit di Viking FK.

Selama mendapatkan kesempatan bermain tersebut, Shayne Pattynama lebih sering menempati posisi bek kiri.

Meskipun demikian, pemain kelahiran 11 Agustus 1998 itu juga sempat dicoba untuk mengisi posisi gelandang kiri.

Dijelaskan, PSSI memang berusaha untuk secepatnya menuntaskan proses naturalisasi terhadap para pemain keturunan yang diminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong membutuhkan tenaga para pemain tersebut untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

Sebelumnya, dua pemain keturunan lainnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah terlebih dahulu menjalani rangkaian proses naturalisasi pada pekan lalu.

Selain itu, keduanya juga menjalani tes medis serta bertemu segenap pengurus PSSI (*)

Editor : Redaksi