BERITABETA.COM, Makassar — Satuan Tugas [Satgas] Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan [Sulsel] melaporkan kasus varian Omicron pertama di Provinsi yang dipimpin Andi Sudirman Sulaiman itu. Kasus ini dialami seorang warga Kabupaten Takalar bernama Nawir (27).

"Ini kasus pertama yang memang ada hasilnya dari Litbangkes," kata Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Arman Bausat seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (22/01/2022).

Diketahui, Nawir sebelumnya bekerja di perusahaan telur ikan di Dobo, Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Pasien tersebut baru saja pulang ke Takalar pada 5 Oktober 2021 lalu.

Pada November 2021, Nawir dilaporkan berobat ke Puskesmas Bontomarannu, Kabupaten Takalar atas keluhan dyspepsia. Saat itu Nawir hanya berobat jalan.

Hingga pada awal Desember 2021, Nawir tak kunjung pulih dia bahkan mengeluhkan lemas dan sesak.
Karena kondisinya memburuk, Nawir dirawat inap di RSUD Padjonga Dg Ngalle melalui IGD dengan keluhan sesak napas dan batuk.

"Diagnosa awal, pasien menderita dyspneu TB paru on treatment hingga diisolasi," kata Arman.

Memasuki Januari 2022, petugas melakukan tes swab kepada Nawir hingga dinyatakan positif Covid-19. Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mendalami kasus Nawir dengan mengirimkan sampel ke Litbangkes Jakarta.

"Hasilnya dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron," ungkap Arman.

Saa ini, Nawir diisolasi Satgas Covid-19 di RSUD Takalar. Petugas juga mendalami kemungkinan kerabat dan tetangga pasien ikut tertular varian Omicron. (*)

Editor : Redaksi