BERITABETA.COM, Bula — Pasca diaktifkan Tower Merah Putih di Desa Danama pada pekan kemarin, kini semua desa di Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sudah tersentuh jaringan telekomunikasi.

Tidak saja sebentas komunikasi dan mengirim atau menerima pesan singkat (SMS), masyarakat di beberapa desa bahkan sudah bisa mengakses jaringan internet.

Camat Tutuk Tolu Saiful Ikhwal Rumodar kepada media ini di Bula, Rabu (03/02/2021) mengaku hanya beberapa desa yang sudah bisa mengakses internet dari rumah.

“Hanya beberapa desa saja seperti Kufar, Danama, Walantengah, Taruy dan Waras-Waras (Dusun Mateul). Sisanya masih menikmati jaringan telepon biasa, tapi tetap saja semua Desa sudah bisa menikmati jaringan telepon” ungkap Rumodar.

Mantan Kabid Mutasi BKD SBT ini juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Pemda SBT lewat Dinas Kominfo yang telah mengawal pembangunan tower BTS milik Telkomsel ini.

“Kemudian terimakasih juga kepada perusahaan penyedia jaringan seluler Telkomsel yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemda, dan khusus kepada warga masyarakat Danama” akuinya.

Dia mengungkapkan, prinsipnya dengan kehadiran jaringan 4G ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan perekonomian masyarakat setempat.

Pasalnya di era digitalisasi ini lanjut dia, warga bisa memanfaatkan hal positif dari hadirnya jaringan itu. Hal positif yang dimaksud tambah Rumodar dari sisi ekonomi.

“Mungkin masyarakat bisa meningkatkan pendapatan dengan cara berjualan online seperti yang marak saat ini terjadi di medsos, atau menjual pulsa dan lain sebagainya” cetusnya (BB-AZ)