BERITABETA.COM, Bula — Sejumlah pemuda di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan aksi jalan kaki sejauh 4 kilometer (KM) untuk mengibarkan bendera merah putih di Dataran Hunimua pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8/2021).

Aksi yang terbilang unik ini, dilakukan sebagai ungkapan protes kepada Pemerintah Kabupaten SBT,  yang selama ini belum menjalankan proses pembangunan di Dataran Hunimua, sebagai ibukota definitif.    

Para pemuda ini merupakan warga Desa Gah, Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten SBT.

Fadli Ruzan Lausiry salah satu pemuda Negeri Gah saat dihubungi beritabeta.com mengungkapkan, dirinya dan dua rekan bersama sejumlah pelajar dari Dusun Garikit, Negeri Gah sejak subuh tadi sudah berjalan kaki menuju Dataran Hunimua.

Fadli mengaku, agenda pengibaran puluhan bendera merah putih di Dataran Hunimua itu dilakukan sebagai bentuk mengingatkan Pemkab dan DPRD SBT untuk melihat kembali Ibukota Kabupaten SBT yang sudah puluhan tahun dibirakan itu.

"Untuk merayakan hari kemerdekaan RI ke-76, dengan semangat juang, sejak tadi subuh kami relah berjalan kaki hingga 3-4 kilometer untuk berada di puncak kota hunimua," ungap Fadli Ruzan Lausiry.

Menurutnya, semangat yang melatari dia dan rekan-rekannya itu dilakukan sebagai kado istimewa di momentun HUT RI ke-76 tahun, sekaligus sebagai bentuk protes bahwa Dataran Hunimua sebagai ibukota kabupaten definitif, bukan kota hutan terlarang.

"Maka di HUT Kemerdekaan 17 Agustus hari ini, dengan semangat kami harus kibarkan bendera sebagai kado istimewah karena dataran hunimua bukan dijadikan kota hutan terlarang" tandasnya.

Dia berharap, Pemkab dan DPRD SBT segera menuangkan program  pembangunan ibukota definitif Kabupaten SBT dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Harapan kami adalah Pemkab dan DPRD harus melakukan rancangan Pembangunan kota dalam RPJMD agar secepatnya merealisasi angaran untuk membangun kota definitif Kab SBT untuk lima tahun yang akan datang" harapnya.

Untuk diketahui, usai pengibaran bendera di Dataran Hunimua, sejumlah pemuda itu langsung kembali ke rumah mereka di Negeri Gah Kecamatan Tutuk Tolu, hingga sore tadi mereka kembali menjangkau Dataran Hunimua untuk melakukan penurunan bendera.

Di saat yang sama Pemerintah di Wilayah Kecamatan Tutuk Tolu, dan masyarakat setempat melaksanakan upacara bendera di halaman kantor Camat Tutuk Tolu, Dusun Mateol (*)

Pewarta : Azis Zubaedi