BERITABETA.COM, Ambon — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku membagikan ribuan bendera merah putih kepada warga menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 tahun.

Pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tingkat Provinsi Maluku ini dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (01/08/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie menerangkan, pencanangan gerakan 10 juta bendera merah putih ini merupakan program nasional dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI ke-78 tahun.

“Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan Kemerdekaan ini akan berkibar di seluruh Wilayah Kesatuan Republik Indonesia," terang Sadali Ie.

Sadali mengaku, Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal dan pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam pengumpulan benderah merah putih.

Bendera-bendera ini tambah dia, nantinya akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Paguyuban, Ormas dan pihak swasta serta perwakilan kepala Pemerintahan Desa/Kelurahan yang ada di dalam wilayah Kota Ambon.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mendistribusikan bendera tersebut kepada masyarakat untuk selanjutnya dikibarkan di rumah masing-masing mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2023," ucapnya.

Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Maluku Daniel E. Indey mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme setiap warga negara Republik Indonesia sekaligus menyemarakkan peringatan HUT RI ke-78 tahun.