BERITABETA.COM, Bula — Semua desa di Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ternyata sudah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Negeri Sesar yang diberitakan sebelumnya termasuk dalam empat desa yang belum terdaftar dalam program tersebut ternyata sudah terdaftar.

Sekretaris Negeri Sesar, M. Husni Siwa-Siwan kepada beritabeta.com di Bula, Jumat (13/9/2024) mengungkapkan, saat kegiatan sosialisasi manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan yang di gelar di Hotel Surya, Kota Bula dua hari lalu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Masohi Wilayah Kepulauan Seram, Irham Hasyim menyampaikan ada empat desa yang belum terdaftar.

Kendati demikian, dalam sesi tanya jawab, dia langsung mengkonfirmasi soal status kepesertaan perangkat dan saniri Negeri Sesar.

"Waktu persentasi dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan wilayah Seram itu ada 4 desa yang belum terdaftar, tapi setelah tanya jawab, saya langsung konfirmasi masalah itu, nah jawabannya bisa jadi salah data, karena terlalu banyak," ungkap M. Husni Siwa-Siwan.

Husni mengaku, saat kegiatan ini berakhir, kartu yang sudah dicetak semuanya ada, termasuk milik perangkat dan saniri Negeri Sesar, sehingga dia langsung mengambilnya.

"Setelah selesai kegiatan, ternyata kartu yang sudah dicetak ada semua, termasuk Negeri Sesar Kecamatan Tutuk Tolu dan langsung saya ambil disitu," akuinya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Masohi Wilayah Kepulauan Seram, Irham Hasyim saat dikonfirmasi membebarkan hal tersebut.

Irham menduga, kemungkinan terjadi kesalahan data di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dia memastikan semua desa di Kecamatan Tutuk Tolu sudah terdaftar dalam program tersebut

"Berarti ada kesalahan data di kami. (Mereka) sudah terdaftar semua," ucap Irham Hasyim. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi