BERITABETA.COM, Masohi -  Majelis Taklim (MT) Ikatan Kerukunan Keluarga Siri Sori Islam (IKKASSI) Maluku Tengah ditetapkan sebagai pemenang pertama dalam Lomba Zikir Barzanzi Tingkat Majelis Taklim se-kota Masohi Jumat (13/09/2024).

MT IKKASSI Malteng, sukses maraup nilai 94 dan mengalahkan  sejumlah peserta  dalam lomba yang digelar gabungan Majelis Taklim Kabupaten Malteng dan berlangsung di Baileo Soekarno, Masohi.

Lomba Zikir Barzanji  ini merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan "Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW".

Pantauan beritabeta.com di arena lomba, MT IKKASSI tampil memukau melantunkan zikir dan bacaan barzanzi diiringi pukulan rebana. Lantunan bacaan dan suara khas dari peserta ikut menggugah para penonton yang hadir memadati  Gedung Baileo Soekarno, Kota Masohi.

Perwakilan MT IKKASSI Malteng, Ratna Sopamena menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas torehan hasil yang didapat.

"Alhamdulillah bahwa hari ini kami dari ibu-ibu MT IKKASSI Malteng bisa memperoleh juara satu, dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami warga IKKASSI di kota Masohi," tutur Sopamena.

Sopamena pun mengaku, keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan tim yang telah ditunjukkan selama latihan dan saat perlombaan.

"Selain itu pencapaian ini juga berkat doa dan dukungan dari seluruh warga IKKASSI Malteng," ungkap Sopamena.

IKKASSI Malteng sendiri merupakan wadah Paguyuban yang menghimpun dan mengayomi ratusan kepala keluarga asal Negeri Siri Sori Islam yang menetap di Kota Masohi.

Terkait dengan kemenangan pada Lomba Zikir Barzanzi, bukan lagi menjadi sesuatu yang baru. Pasalnya, bacaan Zikir Barzanzi sejak lama sudah menjadi tradisi warga IKKASSI dalam setiap hajatan dan perayaan Maulid Nabi Muhammad, SAW.

“Kita punya tradisi yang sudah melekat sejak lama. Baik dari sisi bacaan, lantunan dan juga ciri khas pukulan rebana dalam mengiringi,” ungkap Sopamena (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky