BERITABETA.COM, Ambon – Nelson Kailola (41), nelayan asal Desa Seilale, Kecamatan Nusaniwe, Ambon yang dilaporkan hilang sejak  tanggal 15 Februari 2019 silam, ditemukan selamat di perairan Desa Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (21/2/2019).

Kepala Kantor SAR Ambon Muslimin yang dikonfirmasi mengatakan, korban ditemukan oleh nelayan setempat dalam keadaan lemas terombang-ambing bersama perahunya yang telah mati mesin di perairan Desa Abubu.

“Korban ditemukan nelayan Desa Abubu sekitar pukul 08.30 WIT pagi tadi. Saat ditemukan, kondisi korban sangat lemas,” kata Muslimin kepada beritabeta.com, Kamis (21/2/2019).

Ia menjelaskan, nelayan yang menemukan korban kemudian memberitahukan kepada warga lain. Korban akhirnya dibawa ke rumah sakit di Saparua, Maluku Tengah.

“Saat itu korban langsung dibawa ke RSUD Saparua untuk menjalani perawatan medis,” ujarnya.

Menurut Muslimin, dengan ditemukannya nelayan itu, operasi pencarian yang telah dilakukan selama sepekan dinyatakan selesai.

”Dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup. Kepada unsur SAR dan masyarakat yang selama ini terlibat upaya pencarian, kami ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Sebelumnya, Nelson dilaporkan hilang saat melaut di perairan Pulau Ambon pada Jumat (15/2/2019).

Istri korban kemudian melaporkan perihal hilangnya suami itu kepada tim SAR. Setelah mendapatkan laporan, tim SAR kemudian melakukan pencarian. Namun, korban tidak juga ditemukan. Pencarian nelayan asal Pulau Ambon ini ikut melibatkan kapal patroli milik Polair Polda Maluku. (BB-DIO)