BERITABETA.COM, Ambon – Dua tokoh di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ikbal Silaja dan Agil Rumakat secara tak seganja bertemu dalam sebuah acara ulang tahun salah satu kolega mereka di Ambon.

Pertemuan antara pensiunan pegawai BUMN dan Anggota DPRD Kabupaten SBT, Kamis malam (27/8/2020) ini, menjadi menarik untuk disimak.

Agil yang baru saja muncul, lantas menyapa Ikbal. Keduanya saling berpelukan.  Baik Ikbal dan Agil terlihat sangat akrab.

Setelah Agil Rumakat menghibur para kolenganya dengan menyumbangkan dua buah lagu bernada melankolis, tiba-tiba Ikbal pun berdiri dan meminta pemain keybord memainkan musik lagu berjudul “Kucari Jalan Terbaik” cipataan  Pance Pondaag.

Tampilnya Ikbal sontak membuat riuh para tamu yang memadati halaman rumah tersebut. Ikbal memulai dengan melantunkan syair demi syair lagu yang bertema asmara itu. Tak lama kemudian, Agil pun berdiri dan bersama Ikbal berduet lagu yang pernah hits tersebut.

Syair lagu ‘Kucari Jalan Terbaik’ seakan serupa dengan kondisi yang dialami keduanya. Maklum, baik Ikbal dan Agil sebelumnya santer digadang-gadang bakal tampil mendampingi bakal calon incumbent Mukti Keliobas di Pilkada SBT mendatang.

Perjuangan kedua tokoh ini, akhirnya kandas, setelah Partai Golkar memutuskan memilih Idris Rumalutur untuk mendapingi Mukti Keliobas yang juga Bupati SBT itu.

Beberapa tamu yang ikut hadir dikesempatan itu, sempat memberikan apresiasi melihat sikap kedua tokoh SBT tersebut. Meski sempat membangun rivalitas dalam merebut posisi yang diincar, namun keduanya terlihat baik-baik saja.

Mereka menilai, tumbangnya kedua tokoh SBT ini dalam proses penjaringan bakal calon Wakil Bupati SBT mendampingi Mukti Keliobas, membuat posisi orang nomor satu di SBT itu ikut menjadi lemah.

“Kedua tokoh ini (Ikbal dan Agil-red) merupakan sosok yang tepat. Salah satunya  lebih tepat menampingi MK di PIlkada. Selain punya basis di Dapil II SBT, keduanya memiliki electoral yang kuat,” ucap salah satu tokoh SBT yang hadir pada saat itu.

Sumber yang enggan namanya disebut itu bahkan menilai, keputusan Partai Golkar memilih Idris Rumalutur otomatis membuat posisi Mukti Keliobas menjadi rapuh, karena selama ini diketahui Agil adalah salah satu lokomotif penggerak electoral bagi Bupati SBT itu.

“Mereka berdua sama-sama kader Golkar, sehingga saya bisa pastikan, saat ini sebenarnya MK pun tidak nyaman, karena Agil itu patron klien dengan MK,” urainya (BB-DIO)