BERITABETA.COM, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merencanakan untuk  melakukan penanaman mangrove secara regular pada 21 titik di kurun 2021.

Mayoritas sebaran pemulihan kawasan mangrove dilaksanakan di Wilayah Barat Indonesia. Rencana ini didukung dengan Alokasi Belanja Tambahan (ABT) sebesar Rp 43 Milyar.

Komisi IV DPR RI meminta agar distribusi perhatian KKP untuk pemulihan hutan mangrove juga menyentuh wilayah Indonesia Timur. 

Saadiah Uluputty, ST, Anggota Komisi IV menyuarakan soal ini dalam rapat bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kompleks Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Kamis  (8/4/2021).

“Tambahan anggaran Rp 43 Milyar untuk KKP bagi penanaman mangrove jangan hanya terpusat  di wilayah Jawa. Laju kerusakan mangrove di luar kawasan hutan wilayah timur Indonesia juga cukup tinggi. KKP seharusnya menyentuh Kawasan – Kawasan timur tersebut”, tegas Saadiah.

Saadiah mengurai, wilayah tengah dan timur tersasar laju kerusakan mangrove antara lain   disebabkan karena aktivitas tambang. Kondisi Kawasan mangrove cukup kritis.

“Kawasan mangrove di Kalimantan 11% kritis, Sulawesi 29% kritis, Bali NTB, NTT 32% kritis, Maluku dan Maluku Utara 7,3% kritis. Papua ada 1,6% kritis. Seharusnya sebaran pemulihan lebih proporsional untuk membendung alih fungsi hutan mangrove”, detail anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Dirinya berargumen, pengelolaan hutan mangrove membentuk ekosistem  selain bernilai   ekologis, juga memiliki dimensi sosial dan ekonomi. Memang benar usaha pengelolaan hutan mangrove melalui penanaman kembali bisa menyerap tenaga kerja sesuai yang dipaparkan oleh KKP.

“Namun istilah padat karya bukan saja pada proses pengerjaannya tetapi harus dilihat dalam sebuh perspektif jangka panjang bagaimana ekosistem mangrove ini memberikan dampak sosial ekonomi yang baik bagi masyarakat pesisir”, kata politisi perempuan asal Maluku.

Pengelolaan hutan mangrove menurut Saadiah, merupakan salah satu upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional yang diinisiasi pemerintah.

“Tak heran jika kemudian menteri KKP ikut mencanangkan intensifikasi tambak udang di wilayah hutan mangrove yang tujuannya agar Indonesia menjadi produsen udang terbesar di dunia”, buka Saadiah.

Walaupun menurutnya, pencanangan intensifikasi tambak udang yang digagas oleh Menteri KKP akan menimbulkan tanda tanya lanjutan tetap model dan rencana untuk mewujudkannya (BB-RED)