BERITABETA.COM, Ambon — Untuk menekan penularan Covid-19 di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Polsek Leihitu terus melakukan edukasi dan sosialisasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada masyarakat.

Selain penerapan prokes, dalam operasi yustisi yang dilakukan setiap hari itu, Polsek Leihitu juga memberikan sosialiasi tentang program vaksinasi yang sudah dicanangkan pemerintah pusat itu.

"Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 ini untuk di jazirah Leihitu sampai dengan saat ini Alhamdulillah masih aman dan untuk wilayah Jazirah Leihitu masih masuk zona hijau dan untuk pelaksanaan terkait dengan antisipasi jangan sampai Covid-19 lebih berkembang lagi di Jazirah Leihitu" ungkap Kapolsek Leihitu, Iptu Julkisno Kaisupy kepada beritabeta.com, Jumat (27/8/2021).

Julkiano menjelaskan, dalam operasi yang dilakukan tersebut, tindakannya adalah melakukan operasi razia masker dan juga menghimbau kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan dan juga dilakukan membagikan masker.

"Polsek Leihitu sendiri setiap harinya selalu melaksanakan operasi yustisi itu minimal tiga sampai empat kali pelaksanaan opera yustisi di beberapa tempat yang berbeda. tergantung kita lihat lokasi mana yang menjadi sasaran untuk kita akan melakukan operasi, dengan menyampaikan imbauan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes yakni 5M dan membagikan masker" ujarnya.

Dalam operasi yustisi tersebut, Kapolsek menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan himbauan bersama teman-teman anggota yaitu Bhabinkamtibmas di desa binaannya masing-masing.

Selain itu juga terus berkoordinasi bersama pemerintah negeri maupun tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat yang ada di desa binaan untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap protokol Covid-19.

"Vaksinasi sendiri sudah beberapa kali kita laksanakan di sini, kita bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan yakni Puskesmas, selain itu di Jazirah Leihitu juga memiliki Tiga (3) Puskesmas yaitu Puskesmas Hitu, Hila dan Negeri Lima dan kita juga sudah beberapa kali bekerjasama melakukan vaksinasi,"jelasnya.

Kapolsek menambahkan animo masyarakat jazirah Leihitu untuk melakukan vaksinasi sangat baik dari sebelumnya, awalnya bermula masyarakat mendengar berita hoax dan menjadi takut.

"Alhamdulillah setelah dilakukan sosialisasi dan sosialisasi dengan pihak Koramil dan Puskesmas untuk bersinergi bersama melakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang ada di jazirah leihitu,"tambahnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala