BERITABETA.COM, Masohi -  Gabungan tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Masohi yaitu SDN 8, SDN 11 dan SDN 14 melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan pada Rabu (10/11/2021).

Upacara Hari Pahlawan ini berlangsung pada pukul 09.00 WIT di Lapangan Upacara SDN 14 Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah dan dipimpin oleh Kepala SDN 14, Amina Bachmid, S.Pd. sebagai Inspektur Upacara.

Bachmid dalam sambutannya mengatakan peringatan  Hari Pahlawan merupakan salah satu cara agar jiwa patriotisme terus terpelihara.

“Karakter pahlawan sebagai seorang pejuang harus bisa dicontohi oleh siswa saat ini,” ungkap Bachmid.

Dikatakan, pendidikan pada saat ini adalah pendidikan berkarakter.

Puluhan guru berkebaya di upacara Hari Pahlawan yang digelar di Kota Masohi

“Saling menghormati dan saling menghargai antar sesama merupakan nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan kepada siswa,” tutur Bachmid.

Menurutnya, jika dulu perjuangan yang dilakukan pahlawan adalah melawan penjajah, maka di zaman kemerdekaan saat ini perjuangannya adalah melawan kebodohan.

“Perjuangan saat ini bisa berupa cinta tanah air dan belajar berbagai ilmu pengetahuan demi kemajuan bangsa,” ungkap Kepsek ini.

Bachmid mengatakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan kali ini merupakan yang pertama kali semenjak adanya pandemic Covid 19.

“Kostum yang kami pakai juga kebaya, melambangkan identitas budaya bangsa akita,” tutur Bachmid.

Pada kesempatan tersebut, Bachmid juga mengajak seluruh siswa beserta para pendidik untuk terus berjuang, berkarya, dan bekerja menjadi pahlawan bagi diri sendiri, bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini (*)

Pewarta : Edha Sanaky