BERITABETA.COM, Ambon —Setelah meminta secara langsung kepada Kementerian Pertanian [Kementan], khususnya Dirjen Perkebunan untuk mengkaji matinya ribuan tanaman cengkih di Maluku, Anggota DPR RI Saadiah Uluputty kembali menyuarakan persoalan perkebunan di Maluku.

Kali ini, politisi PKS Dapil Maluku itu mendesak  Dirjen Perkebunan dan Dirjen Sarana Prasarana Kementan RI untuk membuat grand desain Perkebunan Terpadu serta mengalokasikan anggaran untuk pembuatan jalan tani bagi petani perkebunan.

Kepada beritabeta.com via saluran telepon selulernya, Uluputty menjelaskan,   desakan ini telah disampaikan dalam rapat kerja awal tahun Komisi IV DPR RI bersama Menteri Pertanian RI di gedung DPR RI Senayan, Jakarta 16 Januari 2023.

“Saya minta Dirjen Perkebunan harus membuat perencanaan program yang bisa memberikan support kepada petani perkebunan di Maluku. Ini bisa meningkatkan produktivitas kerja petani, dan memicu kesejahteraan mereka. Makanya saya berharap dari waktu ke waktu harus ada perbaikan,”kata Uluputty, Rabu (18/1/2023).

Anggota Komisi IV ini mengaku merasa cemburu, melihat Kebijakan yang  jorjoran berbagai program alsintan pascapanen yang dipertunkan pada pertanian tanaman pangan yang tidak sama dengan tanaman perkebunan.

“Harapan saya ada program yang bisa mensuport petani perkebunan agar terciptanya produktivitas, kemakmuran, dan kesejahteraan petani bisa naik,” tandasnya.

Selain itu, Uluputty juga meminta  Dirjen PSP, untuk mengalokasikan dana bagi infrastruktur perkebunan seperti jalan usaha tani.

"Di tanaman pangan ada alokasi anggaran untuk jalan usaha tani sebesar 100 juta. Kami minta di tanaman perkebunan juga ada jalan produksi. Karena hampir di setiap reses ke desa-desa yang punya sektor komoditi pala, cengkeh, dan kelapa mereka kesulitan untuk mengakses hasil produksinya," bebernya.

Ia menambahkan, masukan yang disampaikan itu telah direspon oleh Kementan dalam hal ini Dirjen Sarana Prasarana Kementerian Pertanian RI, Ali Jamil yang menyebut akan mengakomodir permintaan Uluputty.

“Terkait dengan apa yang di sampaikan tadi oleh ibu Saadiah, akan coba kami akomodir dalam program kami,” akui Saadiah menirukan janji Jamil (*)

Editor : Redaksi