BERITABETA.COM, Namlea -   Puluhan nelayan pelaku budidaya rumput laut di Desa Saliong Kecamatan Namlea,  Kabupaten Buru dilatih oleh  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Iqra Buru (FPIK Uniqbu).

Pelatihan ini dilakukan dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pelatihan Manajemen Produksi dan Kewirausahaan yang digelar Jumat (12/11/2021).

Wakil Dekan FPIK Uniqbu,   M. Ikbal Zakariah, S.Pi,M.Si dalam siaran persnya yang diterima beritabeta.com menjelaskan,  kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal dari Keluarga Besar Fakultas Perikanan untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi perikanan sekaligus mempererat ukhuwah islamiyah dengan masyarakat  Desa Saliong.

“Harapannya ada transformasi pengetahuan yang bisa diperoleh oleh peserta dalam kegiatan ini,” pungkas Ikbal.

Kegiatan pelatihan untuk Kelompok Pembudidaya Rumput Laut ini melibatkan juga melibatkan unsur dari Dinas Perikanan Kabupaten Buru yang diwakili Sekretaris Dinas, M. Iban Latuwael,S.Pi,M.Si dan Kabid Perikanan Budidaya, Irvan Mukadar,S.Pi,

Keduanya  ikut menyampaikan materi terkait Program Kerja Dinas Perikanan, khususnya di Bidang Perikanan Budidaya Perikanan.

Sedangkan staf BRI Unit Namlea  menyampaikan materi terkait Program KUR.  Kemudian dari unsur fakultas dihadiri oleh Metheos Talakua, S.Pi,M.Si (Dosen) dan Samsia Umasugi,S.Pi,M.Si (Kapala Prodi Budidaya Perairan).

Selanjutnya untuk kemeriahan kegiatan PKM ini juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang melibatkan unsur dari Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK, Majelis Shalawat Hadyunabi Wal Itrah dan masyarakat Desa Saliong.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Yayasan Muslim Buru, Ir.Ismiran Wattiheluw ME, Rektor Uniqbu , Dr.M.Sehol dan Kepala Desa Saliong, Nurain Kabau.

Hikmah Maulid disampaikan oleh Ust Djafar Shodiq Assagaff dengan tema Meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW   kita tingkatkan kepedulian dan kebersamaan di masa pandemi.

Dalam kesempatan itu Rektor Uniqbu menyampaikan apresiasi kepada Fakultas Perikanan yang telah mengaplikasikan secara nyata visi dan misi kampus sebagai lembaga pendidikan dan da’wah yang melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan terima kasih kepada aparat Desa dan seluruh masyarakat Desa Saliong  dan membuka kesempatan dan peluang beasiswa bagi masyarakat desa Saliong yang ingin melanjutkan studi ke kampus Uniqbu. 

Selanjutnya dalam kesempatan itu juga Ketua Yayasan Muslim Buru menyampaikan harapan agar kegiatan keagamaan maupun pendampingan oleh Fakultas Perikanan kepada masyarakat Desa Persiapan saliong seperti ini dapat dilakukan secara kontinyu (*)

Pewarta : Abd. Rasyid T