BERITABETA.COM, Ambon – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mneyerahkan bantuan presiden (Banpres) berupa dana kepada sebanyak 3.500 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Ambon.

Banpres kepada UMKM ini  sebasar Rp 2,4 juta per UMKM diserahkan oleh Walikota Ambon, usai upacara perayaan HUT Kota Ambon ke-445 Tahun 2020 yang berlangsung di Lapangan Upacara Tahaparry Polda Maluku di kawasan Tantui, Senin (7/9/2020).

Banpres yang diterima pelaku UMKM di Kota Ambon itu senilai Rp 2,4 juta per UMKM.

“Banpres itu diberikan untuk meningkatkan produktifitas para pengusaha UMKM ditengah adaptasi kebiasaan baru,” ujar Richard.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) sebelumnya mengusulkan sebanyak 20.000 UMKM, namun yang telah terealisasi sekarang sebanyak 3.500 UMKM. “Kita berharap, mudah mudahan dalam waktu dekat bantuan tersebut disalurkan lagi dari pemerintah pusat,” terangnya.

Kata Richard, semua pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut telah terdata by name by address. Data tersebut telah tercover juga di BRI selaku Bank penyalur banpres bagi pelaku UMKM di Kota Ambon yang bekerjasama dengan Pemkot Ambon.

“Jadi itu kebijakan presiden memberikan bantuan masing-masing Rp.2,4 juta, khusu untuk pelaku UMKM,” tandasnya (BB-AHM)