BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Penyaluran BLT Dana Desa (DD) 2021 yang berlangsung di Kantor Desa Bula, Kamis (5/8/2021) itu dilakukan sekaligus untuk pembayaran bulan Januari hingga Juli 2021.

"Bula kali ini mengalami penurunan keluarga penerima manfaat, tahun kemarin jumlahnya sekitar 337 namun tahun ini menjadi 200 KPM" ungkap Penjabat Kepala Desa Bula, Ismail Pattikupang.

Ismail mengaku penurunan angka itu disebabkan karena beberapa faktor, termasuk ada sejumlah warganya yang telah menerima bantuan sosial berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan program sosial lainnya.

Selain itu, dia juga membeberkan acuan utama dari penetapan KPM tersebut adalah empat belas kriteria yang ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Jadi itu menjadi dasar dan kami berikhtiar jangan sampai ada warga yang dia dapat bantuan lebih dari satu, ini bagaimana cara kita berlaku adil bagi semua warga desa" tandasnya.

Ia menjelaskan, pihak desa berkeinginan untuk ada penambahan jumlah KPM, namun lanjut dia ada juga kebutuhan yang sama pentingnya di dalam sistem keuangan desa.

Dia berharap, dari 200 PKM dengan total Rp 2.100.000 itu dapat dimanfaatkan dan membantu dalam meringankan beban ekonomi di tengah pandemi Covi-19 yang hingga kini masih mewabah.

"Harapannya semoga bisa merubah taraf hidup masyarakat dalam situasi pandemi, juga bisa memperkuat ekonomi rakyat yang memang di beberapa waktu belakangan ini bikin kita semua rasa" harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi