BERITABETA.COM, Masohi - Sebanyak 230 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), mengikuti vaksinasi massal di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Masohi pada Jumat (24/09/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian bakti sosial yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Tinggi Maluku.

Kepala Kejaksaan (Kajati) Tinggi Maluku, Undang Mugopal dalam wawancara singkatnya dengan awak media mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah Maluku dalam memenuhi target vaksinasi yang saat ini baru mencapai 23 %.

“Ini sudah mau akhir tahun, kita bantu supaya semakin banyak masyarakat yang dilakukan vaksin,”jelas Undang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malteng, Jeni Adijaya menambahkan, sebanyak 600 dosis vaksin sudah disiapkan bagi siswa/siswi SMP di Kota Masohi.

“Mereka yang disuntik sudah berusia 12 tahun sampai 17 tahun,” ungkap Adijaya. Ia menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program vaksinasi di tingkat anak dan remaja.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Masohi Husni Soo menyampaikan salah satu persyaratan bagi pelajar agar bisa divaksin adalah dengan mengantongi surat pernyataan dari orang tua. Surat itu menjelaskan bahwa anak bersangkyatn bersedia untuk divaksin.

Husni juga menyampaikan tidak ada sanksi bagi pelaar yang tidak bersedia divaksin.  “Jadi vaksin ini tidak ada unsur paksaan, tergantung dari kesediaan orang tua dan anak,” ungkap Husni (*)

Pewarta : Edha Sanaky