BERITABETA.COM - Aplikasi absen merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu pencatatan kehadiran karyawan dengan cara yang jauh lebih praktis dibandingkan absensi manual dan fingerprint.

Banyak orang yang mengira bahwa aplikasi absen hanya berguna untuk pencatatan kehadiran semata. Padahal tidak demikian!

Ada beberapa kemudahan yang diberikan melalui aplikasi absen. Apa saja itu? Mari kita bahas satu-satu!

Membantu Rekap Kehadiran

Yang pertama, aplikasi absen dapat membantu rekap kehadiran secara otomatis. Bagaimana bisa? Ternyata cukup mudah. Data kehadiran karyawan yang masuk akan disimpan dalam database berbasis cloud. Lalu, sistem dapat mengotomatisasi rekap kehadiran jika HRD membutuhkannya.

Kemudahan ini akan membantu berbagai proses yang membutuhkan data kehadiran, contohnya performance appraisal atau penilaian kinerja. Dari situlah HRD bisa menilai karyawan mana yang selalu disiplin datang tepat waktu dan karyawan mana yang tidak disiplin.

Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Proses penggajian bulanan pasti tidak asing lagi bagi para HRD, khususnya HR payroll. Data kehadiran karyawan, cuti, lembur, dan izin biasanya akan digunakan untuk proses penggajian bulan. Nah, untungnya data kehadiran yang masuk dari aplikasi absen dapat terintegrasi dengan sistem penggajian. Sehingga HRD tidak perlu melakukan entry manual ke dalam sistem setiap bulan.

Bisa Diakses di Mana Saja

Bayangkan jika Anda harus menggunakan mesin fingerprint terus menerus, itu artinya Anda harus berada di kantor untuk melakukan absensi, bukan? Aplikasi absensi dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Kemudahan ini akan membantu karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home maupun karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas.

Menyimpan Seluruh Data dalam Satu Pusat

Biasanya data kehadiran yang masuk melalui mesin fingerprint akan disimpan dalam bentuk spreadsheet. Namun, cara ini kurang efektif mengingat rumit dan banyaknya data yang harus dikelola. Belum lagi proses pencarian data yang ribet ketika HRD hendak membutuhkan data kehadiran dari karyawan tertentu.

Berkat adanya database berbasis cloud di balik aplikasi absensi, seluruh data kehadiran dapat disimpan dalam satu pusat dan akan memudahkan HRD dalam pencarian data tertentu.

Meskipun begitu, database berbasis cloud ini didukung sistem keamanan yang ketat. Jadi kemungkinan kebocoran atau manipulasi data pun semakin kecil.

Ada banyak aplikasi absen di luar sana yang ditawarkan berbagai macam vendor. Salah satu contoh dari sekian banyak adalah aplikasi absen dari LinovHR.

Aplikasi absen dari LInovHR sendiri memiliki keunggulan spesial yakni fitur dan tampilan yang mudah dipahami dan user friendly.  Demikianlah pembahasan mengenai 4 kemudahan dari aplikasi absen yang harus diketahui.

Ulasan di atas dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda untuk mengimplementasikan aplikasi dalam pengelolaan kehadiran (BB-RED)