BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 50 grup karnaval di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] mengukuti pawai ta'aruf memeriahkan tahun baru Islam 1444 hijriah.

Kegiatan yang digelar Panitia Hari Besar Islam [PHBI] Kabupaten SBT di jalan Protokol Kota Bula, Sabtu sore (30/7/2022) ini dilepaskan secara langsung oleh Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur.

Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dalam sela-sela tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta karnaval yang mengikuti perlombaan.

"Kami ingin menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta karnaval yang sesaat lagi akan berlomba," kata Idris Rumakutur.

Sementara itu, Ketua PHBI SBT Muhammad Ikbal Kella kepada beritabeta.com mengungkapkan, tujuan dilakukan lomba karnaval pada hari ini sebagai upaya PHBI Kabupaten SBT untuk memacu dan memotivasi generasi muda Islam guna menumbuhkan rasa cinta kepada hari-hari besar Islam.

"Selama ini kadang dilupakan oleh umat Islam sendiri, maka dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan kecintaan generasi muda kita kepada hari-hari besar Islam," ungkap Muhammad Ikbal Kella.

Ikbal mengaku, kegiatan kali ini hanya melibatkan 2.050 orang peserta yang terdiri dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Majelis Ta'lim di Kota Bula.

Kendati demikian, dia sangat berkeinginan agar kegiatan hari-hari besar Islam berskala kabupaten akan digeser ke tingkat kecamatan-kecamatan pada tahun yang akan datang.

"Sehingga ada upaya silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat yang ada di kecamatan-kecamatan di Kabupaten SBT," akuinya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi