BERITABETA.COM, Ambon – Jelang laga perempatfinal Piala Dunia 2022, antara Timnas Belanda vs Argentina, Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 02.00 WIB, Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon bersama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mempertemukan perwakilan fans Timnas Belanda dan Argentina di Kota Ambon.

Pertemuan ini digelar Pemkot Ambon bersama kedua pendukung  Timnas Belanda-Argentina, untuk mengajak para suporter agar tertib saat melakukan konvoi atau pawai di jalanan Kota Ambon pada Sabtu pagi (10/12/2022).

"Saya tahu kebijakan yang melarang pawai itu tidak populer, tetapi yang saya pikirkan adalah dukungan lewat pawai itu berakibat tidak baik," kata Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dalam arahannya di Ruang Vlisingen Lantai 2 Balai Kota Ambon, Jumat (9/12/2022).

Ia berharap, para pendukung masing-masing Timnas untuk tertib dalam melakukan kegiatan, mulai dari nonton bareng hingga konvoi.

"Silahkan nonton bareng dan bereuforia tapi tolong jangan rugikan orang lain. Kemudian untuk tim yang nantinya kalah, tolong berbesar hati dan jangan membuat hal-hal yang nantinya merugikan semua orang," harap Pj. Walikota.

Sekwan DPRD Maluku ini juga menjelaskan, pawai yang tidak tertib telah mengakibatkan banyak orang yang luka-luka karena kecelakaan, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

Dengan demikian, sudah menjadi kewajiban pemerintah, untuk menjaga agar warga tidak celaka, serta mendapatkan musibah dan sebagainya.

"Saya tahu jika saya larang pasti pera pendukung tetap pawai, tapi saya harus mengambil sikap, dan inilah kebijakan pemerintah. Saya juga tahu Kapolresta beserta jajarannya mengalami rasa capek yang luar biasa saat mengamankan konvoi tentu tujuannya agar yang ikut konvoi tidak mengalami kecelalaan," ungkapnya.

Selain beresiko kecelakaan, kata dia konvoi hingga pagi hari juga dapat menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Banyak anak sekolah, bahkan para pekerja lainnya yang terlambat pergi kerja haya karena konvoi yang tidak tertib.