BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 8 orang penumpang yang menjadi korban tenggelamnya longboat bersama 5 orang lainnya yang selamat di Perairan Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] hingga kini belum ditemukan keberadaan mereka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] SBT Usman Keliobas saat dihubungi beritabeta.com di Bula, Jumat (25/3/2022) mengungkapkan, saat ini proses pencarian masih dilakukan berbagai pihak terhadap 8 penumpang yang hilang.

Usman mengaku, saat ini yang sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian yakni KM. Paus 01 dan pesawat Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan [PSDKP] Kota Tual.

"Yang sudah berada di lokasi kejadian adalah KM. Paus 01 dan pesawat milik PSDKP. Yang sementara dalam perjalanan dari Ambon menuju SBT adalah kapal Basarnas KM. Abimanyu," ungkap Usman Keliobas.

Sebelumnya, sebuah perahu jenis longboat dengan penumpang kurang lebih 13 orang dikabarkan tenggelam di parairan Pulau Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Provinsi Maluku, pada Rabu sore (23/3/2022).

Longbot ini berlayar dari Pelabuhan Kesuy, Kabupaten SBT dengan tujuan Pulau Teor, namun dihantam gelombang  saat berada di antara Pulau Bam dan Pulau Teor hingga akhirnya tenggelam.

Informasi yang diperoleh beritabeta.com dari salah satu warga Teor, Samas Keliobas lewat sambungan telepen selulernya mengungkapkan, kejadian itu  terjadi sekitar pukul 16.00 WIT.  

"Saat tenggelam, adik sepupuh saya [Husein Keliobas]  berenang selamat sampai di Teor. Korban kemudian  memberikan informasi ke kami. Sementara yang lain sampai malam ini belum ditemukan," ungkap Samas Keliobas, Kamis dini hari (24/3/2022)

Kepala Pemerintah Kecamatan Teor, Indah Adhayaty Rumakway dan tiga penumpang longboat lainnya ditemukan selamat di Pulau Uran, Kecamatan Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Kamis (24/3/2022).

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar saat dikonfirmasi beritabeta.com di Bula mengungkapkan, jumlah korban yang berhasil ditemukan selamat berjumlah lima orang.

Jumlah penumpang lima orang itu yakni Camat Teor Indah Adhayaty Rumakway, anggota Satpol PP SBT Idrus Retob, Staf Bappeda SBT Gusti Pattikupang dan Abdullah Kilkoda ditambah salah satu warga Kecamatan Teor Husein Keliobas yang selamat dari musibah sejak tadi malam.

"Sampai dengan saat ini, jumlah korban yang ditemukan selamat yakni lima orang," ungkap AKBP Andre Sukendar (*)

Pewarta : Azis Zubaedi