BERITABETA.COM, Masohi -  Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol)  membuka secara resmi seleksi administrasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Pejabat Sekertaris Daerah (Sekda) Malteng, Jauhari Tuarita di Kantor Kesbangpol Masohi, Rabu (27/03/2024).

Tuarita dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kesbangpol dan tim seleksi yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.  Ia berharap proses seleksi calon Paskibraka benar-benar dilakukan secara transparan dan tertanggung jawab.

"Saya berharap seleksi berlangsung transparan dan adil, karena kita yakin anak-anak Maluku Tengah punya potensi, sehingga tetap proses secara profesional," tutur Tuarita.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Malteng, J. Noya menyampaikan khusus untuk Maluku Tengah yang mendaftar sebanyak 276 orang namun yang berhasil mengupload berkas bersyaratan hanya 187 orang melalui situs https://paskibraka.bpip.go.id.

 

 

Menurutnya, sistim seleksi Paskibraka tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.  Jika dulunya wajib ada perwakilan kecamatan,  saat ini sudah tidak lagi menjadi kewajiban.

 "Rekrutmen calon anggota Paskibraka tahun 2024 berbasis online melalui aplikasi transparansi Paskibraka BPIP. Jadi Tidak lagi dengan kewajiban sistim kuota per kecamatan,  siapa yang berkompetensi berdasar seleksi maka itu yang dipilih," jelas Noya.

Noya menjelaskan selanjutnya dari hasil seleksi yang terbaik akan dikirim ke provinsi.

"Mudah-mudahan Maluku Tengah punya perwakilan bisa lolos Paskibraka provinsi maupun Nasional," harapnya (*)

Pewarta :Jubeda Sanaky