BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 41 orang peserta seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku,  dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi yang digelar tim seleksi (Timsel) bentukan KPU Pusat. Ketua Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU Provinsi Maluku, Amir Faisal Kotarumalos, dalam  keterangan pers menyampaikan, dari total 45 orang calon anggota KPU yang mengikuti seleksi, hanya tersisa 41 orang calon yang dinyatakan lolos penelitian administrasi oleh Timsel.

“Berdasarkan hasil penelitian administrasi, tim seleksi menetapkan 41 orang calon anggota KPU yang lolos penelitian administrasi dari 45 orang yang mendaftarkan diri,”kata Kotarumalus di sela-sela konferensi pers di Manise Hotel, Minggu (24/02/2019).

Amir mengungkapkan, 4 orang yang tidak lolos, dikarenakan  umur mereka belum mencukupi.  “Meraka masih di bawah 35 tahun, dari persyaratan yang telah ditetapkan,” katanya.

Dengan demikian,  diharapkan  seleksi ini  nantinya,  dapat menghasilkan sebanyak 10 orang peserta calon anggota KPU Maluku yang kompeten dan transparan. “Kami ajak publik Maluku, sama-sama melihat dan meneliti mereka 10 nama yang kredibel dan tertanggung jawab dan diakui serta, independensi,  moralitas dan dari rekam jejak mereka,”ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris Timsel Reny Heronia Nendissa menuturkan,  Selasa, 26 Februari 2019  besok,  bertempat di SMAN 2 Ambon, akan ada sebanyak 36 peserta calon anggota KPU Maluku yang lolos,  mengikuti  Computer Assisted Test (CAT). Sedangkan 5 calon yang telah lulus CAT pada seleksi sebelumnya, tidak lagi mengikuti tahapan ini.

“Jadi  hanya 36 peserta yang mengikuti  CAT. Sebab 5 calon yang sudah memenuhi passing grade dan lulus, tidak lagi ikut CAT. Yang ikut  CAT, peserta yang belum lulus,”terangnya.

Renny menjelaskan,  sebanyak 4 calon yang tidak lolos administrasi, pada tahapan awal,  diakibatkan terhalang dengan syarat batas usia. Mereka masing-masing adalah  Ayu Wandira Latumapayahu (29), Imran Alis (24), Julianti Natalia Waas (28) dan Rein Albert Leohena (34).

Sementara itu, Stevin Melay salah satu anggota Timsel menegaskan,Timsel akan lakukan seleksi dengan penuh tanggung jawab, transparan dan jujur.

Semua aspek, lanjut Stevin, akan dipertanggung jawabkan dan steril dari berbagai bentuk intervensi.

“Proses seleksi yang kami lakukan steril dari berbagai intervensi. Besok,utusan dari KPU Pusat akan datang membawa server. Dalam menjaga pengamanannya, juga dilibatkan aparat keamanan. Saya sampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat, menjadi pengawal demokrasi  dan berpartisipasi untuk mendaftarkan diri sebagai calon KPU Maluku,”ujarnya.

Dalam proses seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku, diketahui terdapat mereka yang terdaftar sebagai peserta pada seleksi sebelumnya. Sebanyak  29 orang, kembali melaporkan diri dan semuanya dinyatakan  lolos dalam seleksi administrasi.

Mereka antaranya,  Abdul Khalil Tianotak (Anggota KPU Kota Ambon), Abdul Muin Loilatu (Anggota KPU Kabupaten Buru Selatan), Almudatsir Zain Sangadji    (Anggota KPU Provinsi Maluku), Burhanuddin Tubaka (Wiraswasta), Denny Pinontoan (ASN), Djafar  Patty (Anggota KPU Kabupaten SBB).

Selanjutnya,Elvira Marlien Marantika (LSM),Engelbertus Dumatubun(Ketua KPU Kabupaten Maluku Tenggara),Hanafi Renwarin (Anggota KPU Provinsi Maluku),Endry Ch. Soselisa (dosen),Ibrahim Suneth, Iriane Sosiawaty Ponto (Anggota KPU Provinsi Maluku), Jimmy Pieter Papilaya (Wiraswasta),Johana Joice Julita Lololuan (Ketua KPU Kabupaten MTB),Kapitan Kelibai (ASN).

Selain itu, La Alwi        (Anggota KPU Provinsi Maluku), Lutfi Akbar Tahir (wiraswasta), Marida Attamimi (anggota KPU Kabupaten Buru),  Muhammad Djamil Difinubun (konsultan), Mukhlis Fataruba (dosen), Paulus Jambormias (Anggota KPU Kabupaten MTB), Rommi Imelda Rumambi (Ketua KPU MBD),Rusli Sijauta (wiraswasta), Said Sabi (Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan), Syamsul Rifan Kubangun (Ketua KPU Provinsi Maluku), Victor Alberth Palijama (wiraswasta), Victor. F. Sjair (Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru),Zahrudin Latuconsina (ASN) dan Zulkifli Lestaluhu (ASN).

Sedangkan,peserta baru, sebanyak 12 orang yang lolos seleksi administrasi antaranya, Muz MF Latuconsina (wiraswasta), Johan Tehuayo (dosen),Erny Lessy (Anggota KPU Malteng), Ferry Hendro Basuki (dosen), Jozef. O. Pattipawaej (wiraswasta), Eddy.B.Talahatu (Pendamping Desa Pemberdayaan), Decy Pattiruhu (guru honor), Adriana Penina Noya (wiraswasta),Betty Hetty Ketty (pendeta),Richard Sipahelut (dosen), Johanna. O.Latuloma (dosen) dan Bachtiar Saban (ASN). (BB-DIO)