BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas pada pagi tadi mendapati banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat Daerah (Setda) setempat yang malas masuk kantor.

Kondisi ini membuat orang nomor satu di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu menggelar apel mendadak di halaman Kantor Bupati SBT dengan menghadirkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama staf ASN pada lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) SBT.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, kondisi yang ditemui pagi tadi, dia berkesempulan selama ini Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah itu tidak pernah masuk kantor.

"Tadi pagi beta (saya) mulai masuk kantor. Tadi saya mendapatkan satu kondisi, pegawai banyak tidak masuk kantor. Ini berarti saya berkesempulan bahwa selama ini ternyata pegawai tidak pernah masuk kantor," ungkap Abdul Mukti Keliobas saat memimpin apel di halaman Kantor Bupati SBT, Jumat (21/07/2023) pagi.

Keliobas membeberkan, hingga pukul 09.00 WIT, absensi pada bagian-bagian di sekretariat hanya ada sekitar 3 sampai 4 pegawai yang hadir.

 

 

Dalam kesempatan tersebut, bupati SBT dua periode itu secara langsung mengkonfirmasi kehadiran para Kepala Bagian (Kabag) di sekretariat yang hadir dalam apel.

"Bagian ada berapa orang sekarang? Kalau bagian yang lain dimana? Yang baru hadir 3 orang. Kita mau harapkan apa kalau kemudian Kabag sendiri tidak hadir. Bagian-bagian yang lain dimana pak Sekda?," tanya Keliobas.

Ia mengklaim, ketidakhadiran para ASN di kantor-kantor ini akibat dari sikap malas para pimpinan.

"Tentunya bahwa ketidakhadiran ASN ini akibat dari pada pimpinan. Pimpinan sudah malas hadir jadi staf ikut malas," timpalnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi