BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas memimpin apel akbar di halaman kantor Bupati SBT, Rabu (30/6/2021).

Dalam apel perdana tersebut, Keliobas meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu untuk membantu menyukseskan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati SBT (Abdul Mukti Keliobas - Idris Rumalutur).

Di hadapan ratusan pegawai di lingkup Pemda SBT, Bupati dua periode itu juga menyampaikan terimakasih kepada semua PNS yang sudah membantu dirinya bersama Fachri Husni Alkatiri dalam periodesasi sebelumnya.

"Saya berharap lima tahun yang kemarin sudah selesai, tahun pertama ini tolong bantu Bupati dan Wakil Bupati sukseskan visi dan misi" ungkap Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas.

Mukti juga mengungkapkan, masih banyak ASN di SBT yang malas berkantor hingga berbulan-bulan tanpa alasan yang mendasar. Dia menyayangkan, perilaku etik dan perilaku ASN yang masih sangat jauh dari yang diharapkan.

Untuk itu, dia menegaskan agar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kepegawaian pada tiap-tiap dinas harus meng-kroscek dan melaporkan oknum ASN tersebut untuk ditindak tegas.

"Begitupun juga bendahara, kalau pegawai tidak masuk kantor gajinya ditahan dan diproses dulu. Atau mungkin saja ada pungli di sana, kasih gaji ke dia dua tiga bulan nanti berapa persen masuk ke bendahara" cetusnya.

Mukti juga membeberkan, hampir semua Kabupaten/Kota di Maluku sudah menandatangani peraturan bupati (Perbup) tentang kode etik dan kode perilaku ASN.

Dia mengaku, hanya Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten SBT yang belum. Sehingga dalam kesempatan itu, dia menandatangani perbup tersebut.

Dikatakan Mantan Ketua DPRD SBT itu, dia berharap dengan ditandatangani perbup tersebut dapat menjalankan tugas pelaksanaan ASN, baik lingkungan di rumah maupun di kantor.

"Saya berharap kepada pak Sekda, majelis kode etik dan kode perilaku ini setelah ditandatangani. Semua ANS yang tidak masuk kantor, yang mulai malas-malas ini harus betul-betul diberikan tindakan" tegasnya (BB-AZ)