BERITABETA.COM, Ambon – Balai Prasarana dan Jalan Wilayah Maluku menggelar peringatan  Hari Bakti PU ke – 78 Tahun 2023, dengan upacara pengibaran bendera di di Halaman Kantor Pemeliharaan Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon, Jumat (3/12/21). Upacara dengan tema, “78 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri”.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Maluku Sadali Ie menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPRS atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi selama ini.

“Kita berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, tugas dan amanah adalah wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas.

“Kita harus terus istikhomah dalam menjaga kepercayaan para pimpinan negara dan publik kepada kementerian pupr yang kita cintai,"katanya.

Basuki juga menyampaikan kinerja kementerian pupr sepanjang tahun 2023 ini, yang telah berhasil melaksanakan penugasan infrastruktur antara lain: pembangunan, mendukung penyelenggaraan event- event internasional, seperti ktt asean ke-42 di labuan bajo, ktt asean ke-43 di jakarta convention center (jcc), renovasi taman mini indonesia indah (tmii), 2023 fiba basketball world cup di kompleks gbk, serta piala dunia u17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu dki jakarta, jawa barat, jawa tengah, dan jawa timur.

Kemudian, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di ikn meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, ipa, ipal dan tpst, serta hunian pekerja.

“Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja pupr,"ujarnya.