BERITABETA.COM, Masohi - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) resmi dibentuk, berdasarkan Surat Keputusan Bupati  Malteng dengan Nomor 900/05/94 Tahun 2021, tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah di Malteng.

Pengukuhan TPAKD Malteng ini dilakukan Bupati Malteng Tuasikal Abua, dan berlangsung  di Baileo Soekarno, Selasa (29/6/21).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Malteng Marlatu L Leleury,  Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Roni Nazra, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Purwanto Worobay, Serta anggota dari TPAKD yang terdiri dari Pimpinan OPD Lingkup Pemda Malteng.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya mengungkapkan, dampak pandemi COVID 19 telah mengakibatkan krisis multidimensi, terutama turunnya pertumbuhan ekonomi global dan berakibat buruk terhadap laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Terkait dengan hal itu kata Tuasikal, pemerintah telah menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional, sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi, khususnya sektor informal atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

“Sejalan dengan itu, permasalahan UMKM yang paling utama di Malteng adalah terbatasnya modal usaha,”

“Selain itu juga, berbagai kebijakan telah ditempuh Pemerintah dan Perbankan, dalam mendukung penguatan modal UMKM, diantaranya pemberian kredit dengan bunga bersubsidi,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, sebagian besar UMKM belum memanfaatkan fasilitas pinjaman bersubsidi, yang dikembangkan Pemerintah dan Perbankan karena masih ketatnya persyaratan kredit Bank dan kurangnya informasi atas proses mengakses pinjaman di Bank.

Pemda Malteng terus berupaya mendorong percepatan pengembangan UMKM di daerah ini karena sektor UMKM dinilai sangat penting sebagai daya pengungkit pemulihan ekonomi daerah yang terbatasi dampak pandemi COVID 19. Terutama untuk menjaga laju penurunan tingkat pengangguran dan memperkuat daya tahan perekonomian daerah, melalui Program Inovasi Kerjasama Pemerintah, Bank dan Bisnis.

“Terkait dengan itu, Pemda Malteng membentuk dan meresmikan TPAKD di Malteng, yang melibatkan Lembaga Perbankan dan Lembaga Keuangan Mikro, yang diharapkan dapat mendukung perluasan dan peningkatan pemberian pinjaman kepada UMKM,” terangnya.