BERITABETA.COM, Ambon – Aksi sosial berupa upaya pencegahan  penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di wilayah Kota Ambon, terus menjadi perhatian serius sejumlah elemen masyarakat.

Aksi nyata dengan melakukan penyemprotan disinfektan bukan saja dilakukan oleh pemerintah, tapi juga dilakukan oleh kalangan jamaat gereja sebagai bentuk pelayanan.

Seperti yang dilakukan Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Air Manis, Klasis Ambon Utara dengan melibatkan Angkatan Muda Ranting, Selasa (31/03/2020).

Ketua Majelis Jemaat GPM Air Manis Pdt. Anthoni Jamlean.S.si.MH, kepada beritabeta.com di Ambon, Selasa malam (31/03/2020) mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk melakukan sejumlah kegiatan terkait penanganan dan pencegahan virus corona di lingkungan jemaat.

Menurutnya, tindakan nyata yang dilakukan pihaknya selain menggelar kegiatan sosialisasi terkait wabah Covid-19, juga membentuk relawan yang ditugaskan untuk menjalankan sejumlah aksi pencegahan.

“Pembentukan Relawan Tanggap Covid-19 ini melibatkan Angkatan Muda ranting dengan menjalankan sejumlah aksi berupa penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan lingkungan tempat tinggal,” ungkap Jamlean.

Ia mengatakan, relawan jemaat ini telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan dengan menyasar sejumlah rumah anggota jemaat yang menyebar di sejumlah wilayah antaranya, Warina, Batu Badiri, Tawiri, Wailawa, Riang dan Wayame.

“Kami ikut merasa gembira dan senang karena kegiatan ini begitu mendapat apresiasi yang cukup baik. Semua warga jemaat menyambut baik kegiatan ini. Bahkan dan juga yang meminta kami untuk melakukan aksi serupa di jemaat yang lainnya,” ungkapnya.

Jamlean menambahkan, kegiatan sosial yang dilakukan relawan ini, semuanya didanai dari keuangan jemaat dengan pertimbangan bahwa keselamatan umat adalah tindakan pelayanan yang harus dilakukan.

“Jadi apapun caranya kebijakan anggaran harus dibijaki untuk keselamatan umat karena itu merupakan bagian dari pelayanan. Aksi ini akan kami lanjutkan hingga Senin pekan depan,”tutupnya (BB-DIO)