BERITABETA.COM, Ambon – Gereja Protestan Maluku atau GPM merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-86. Perayaan HUT dicanangkan Ketua Sinode GPM Pendeta Elifas Tomix Maspaitella di Gereja Maranatha Ambon Senin, (06/09/2021).

Wakil Gubernur atau Wagub Provinsi Maluku Barnabas Nathaniel Orno berharap, GPM tetap menjadi mitra pemerintah, dan sahabat bagi seluruh agama lain. Termasuk rekan seperjalanan dalam menabur kebaikan bagi semua orang bahkan seluruh ciptaan Tuhan.

"GPM tetap menjadi mitra pemerintah daerah dan menjadi Gereja yang memperkuat ikatan kebersamaan lintas agama, etnis serta terus menggarami ruang publik," harap Wagub.

Meski saat ini sedang merayakan HUT, menurut Wagub, persoalan keumatan dan kemasyarakatan akan selalu dihadapi GPM dari waktu ke waktu. GPM bahkan terus melangkah dan menghadirkan damai bagi bangsa dan negara bahkan dunia.

Namun, GPM tetap bekerja sama dengan seluruh kalangan dan komponen masyarakat, untuk menghadirkan kedamaian yang dimaksud.

"Sebagaimana inti panggilan agama yakni menghadirkan rahmat bagi seluruh ciptaan. Seperti ungkapan, tidak ada laut yang tak bergelombang, tak selamanya langit berwarna biru, maka tantangan dan problematika akan selalu ada," tutur mantan Bupati Maluku Barat Daya ini.

Ia menyebut salah satu cara GPM bisa menghadirkan kedamaian bagi masyarakat adalah terlibat aktif dalam menunjang program vaksinasi.

Menurutnya, tindakan ini sebagai cara bijak GPM mengatasi penyebaran Covid-19, dan menjadikan Maluku sebagai daerah yang bebas dari pandemi.

"Semua ini hendak menegaskan selain pembinaan kepada umat, GPM telah menjadi Gereja publik yang terus konsisten dalam merajut ikatan sosial, mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan termasuk merajut tindakan kebangsaan," jelasnya.