BERITABETA.COM, Jakarta – Pelaksanaan kegiatan akbar Lokal Media Summit 2022 resmi ditutup di auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta pada Jumat (28/10/2022) malam.

Penyelenggaraan kegiatan akbar yang diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS) itu berlangsung sukses.

Lebih dari 300 peserta, pimpinan media lokal, CEO maupun Pemred, agency, perusahaan, lembaga donor, pengelola platform global, pemerintah, hadir baik secara offline maupun online.

Acara penutupan ditandai dengan conference bertema "Reinventing Local Media: Finding Opportunities and Overcoming the Challenges", dengan pembicara Pemimpin Redaksi Radar Selatan Sunarti Sain, Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro, Corporate Communications Director of Danone Arief Mujahidin, dan Managing Partner Inventure Yuswohady.

Sesi yang menarik ini memancing cukup banyak diskusi, terutama berkaitan dengan tantangan media lokal serta masa depan media digital secara umum.

Seluruh kegiatan dipusatkan di Perpusnas RI selama dua hari, Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022. Acara meliputi dua konferensi, 9 workshop, dua sharing session, 3 coaching clinic, pameran, hingga networking night.

Pembahasan meliputi keberlangsungan bisnis media, bagaimana mendapatkan donor atau pendanaan, strategi bisnis media lokal, distribusi konten, pemanfaatan teknologi hingga platform, dan produksi konten yang menarik dan kekinian.

"Perkembangan di industri media digital sangat cepat, bisa hitungan hari. Ini yang harus diantisipasi, agar media lokal tetap adaptif, mengikuti perkembangan audiens dan menjalin kolaborasi. Lokal media yang kami maksud tidak hanya ruang lingkup geografis, namun juga media yang memiliki segmen pembaca khusus," kata Suwarjono, CEO PT Arkadia Digital Media Tbk, yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com.

Dalam sesi Networking Night yang dipandu oleh Inaya Wahid dan team dari Hamburger Podcast, beberapa perwakilan media lokal bahkan berkesempatan tampil di hadapan tamu berbagai lembaga donor, perusahaan, agency, kedutaan asing, untuk menyampaikan konsep media mereka.

Para praktisi media lokal ini, seperti Yulianus Ario Jempau dari Floresa, Siti Latifah (Kutub.id), Nuril Arifin (Sukabumi Update) dan lainnya, rata-rata mengakui bahwa membangun kolaborasi dan jaringan adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan media lokal, dan karenanya bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti LMS 2022 ini.