BERITABETA.COM, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan akan melakukan pengembangan sebanyak 790 sumur dan mengebor  [eksplorasi] sebanyak 42 sumur migak dan gas pada tahun 2022.

Target ini telah dipersiapkan dengan  menyelenggarakan kegiatan Drilling Summit [membahas tantangan industri hulu migas] tahun 2022 pada Rabu 23 Maret 2022.

“Drilling Summit 2022 ini digelar untuk mewujudkan wadah bagi pembuat kebijakan dan pelaku industri pengeboran di hulu migas untuk bertukar ide, gagasan, serta pengalaman sehingga permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat proses pengeboran dapat diselesaikan,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam kegiatan tersebut yang rilisnya diterima beritabeta.com, Rabu malam (23/3/2022).

Dwi menjalaskan, selama ini kegiatan pengeboran hulu migas tidak pernah lepas dari tantangan, utamanya dalam hal pengadaan barang dan jasa serta proses perizinan.

Di sisi lain, Pemerintah Republik Indonesia dengan tegas telah menyampaikan bahwa produksi dan lifting migas nasional harus ditingkatkan, sehingga komitmen untuk memenuhi target tersebut tidak dapat dilakukan secara biasa-biasa saja.

Menyikapi hal ini,  Dwi mengaku, dibutuhkan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun investor guna memastikan pengeboran sebagai kegiatan utama dalam meningkatkan produksi migas dapat terealisasi sesuai dengan target yang dijadwalkan.

“Agar tetap on track menuju target 1 juta BOPD (barel minyak per hari) di tahun 2030, posisi produksi minyak kita saat ini harus berada di angka 670 ribu BOPD dan diharapkan tahun depan kembali naik. Sehingga apapun yang dibahas pada acara Drilling Summit harus mengacu kepada angka produksi, cari dan selesaikan permasalahan yang terjadi,” ujar Dwi.

Dikatakan, SKK Migas telah mencatat per 21 Maret 2022, realisasi jumlah sumur pengembangan yang telah dibor sebanyak 138 sumur atau sebesar 17 persen dari target.

“Saya ingin menarik perhatian semua pihak untuk membedah permasalahan apa yang terjadi saat ini, karena pada tahun 2013-2014 hulu migas mampu merealisasikan lebih dari 1.000 sumur. Harapannya kita bisa menyikapi harga migas yang tinggi saat ini dengan langkah yang masif dan agresif sehingga kita bisa fokus untuk mencapai target pengeboran,” sambung Dwi.

Dwi kemudian menyampaikan salah satu upaya yang berhasil dilakukan oleh SKK Migas untuk mengawal target pengeboran tahun 2022 adalah mendorong realisasi komitmen Final Investment Decision (FID) Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Dimana, kata dia, sebanyak 41 persen permasalahan keterlambatan pengeboran tahun lalu disebabkan oleh masalah ini.