BERITABETA.COM, Ambon –  Bagi setiap ibu rumah tangga, daun ini tentunya memiliki manfaat yang cukup besar. Daun jeruk purut (citrus hystrix) memang tidak asing lagi, karena banyak digunakan pada makanan apalagi menu Indonesia tentunya sudah sangat akrab di lidah.

Daun jeruk purut ternyata juga memiliki nilai ekonomis, karena di sejumlah kota seperti Kota Ambon, daun jeruk purut sudah menjadi komoditas yang kerap ditemukan dijual di pasar tradisional.

Di Kota Ambon, Provinsi Maluku pantauan beritabeta.com, Sabtu (10/8/2019) daun jeruk purut dijual dalam bentuk tumpukan yang berisi sekitar 10 sampai 12 lembar.  Harganya pun lumayan, dibandrol pertumpuk dengan harga Rp. 2000.

“Soalnya di Ambon juga sudah, makanya ini banyak dijual dan dibawa dari desa-desa sekitar kota Ambon. Beta (saya) jual dengan harga segini, karena memang banyak peminatnya,” kata Aminah salah satu pedagang yang ditemui di pasar Mardika Kota Ambon.

Aminah mengakui, menjual daun jeruk purut hanyalah sesekali dilakukan, karena daun ini biasanya dicari pembelinya pada saat-saat tertentu misalnya, dekat lemaran dan hari-hari besar lainnya.

“Saya juga menjualnya hanya pada saat-saat tertentu, karena tidak setiap hari orang membelinya,” tandasnya.  

Daun jeruk purut oleh sejumlah ibu rumah tangga kerap dipakai  sebagai pengharum dan penyedap masakan.  Wangi sedap juga kerap dijadikan sebagai bahan makanan wajib seperti bumbu pecel, rempeyek, gado-gado hingga makanan asal Thailand, Tom yam.

Selain manfaatnya sebagai pewangi dan penyedap, ternyata daun jeruk purut juga memiliki lima manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini karena daun jeruk purut memiliki senyawa alami yaitu tannin, kadar steroid triterpenoid, serta minyak atsiri. Keungguan ini membuat daun jeruk purut sangat bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit, antaranya:

1. Mengatasi Influenza

2. Sebagai antibiotik

3. Mengatasi stres

4. Menambah stamina tubuh

5. Untuk relaksasi

Dari lima manfaat kesehatan daun jeruk purut di atas, cara pengaplikasikannya berbeda-beda. Ada yang direbus dan dicampurkan dengan bahan masakan lain tetapi ada juga yang hanya memerlukan air panas saja sebagai teman setia relaksasi (BB-DIO)