BERITABETA.COM, Bula – Nasib malang menimpa Waburi (68).  Warga asal Desa Bemo Perek, Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku ini, sudah 8 hari menghilang dan tidak pernah kembali ke rumah.   

Hilangnya Waburi telah dicari warga sekampung. Warga Desa Bemo Perek dibantu petugas Babinsa setempat telah penyisir sejumlah lokasi yang diduga menjadi tempat perempuan paruh baya itu. Namun hasil pencarian tetap nihil.

"Ibu memang tidak pamit. Tidak beritahu bahwa dia mau ke kebun. Tapi ada tetangga yang lihat dan sampaikan bahwa dia melihat Ibu pergi ke kebun," ungkap La Mau, salah satu kerabatnya kepada wartawan via seluler, Selasa (3/8/2021).

Menurut La Mau, Waburi hilang pada Senin 26 Juli 2021 sekira pukul 14:00 WIT.  Yang bersangkutan berangkat ke kebun. Meski tidak pamit di rumah, namun tujuannya ke kebun itu diketahui oleh salah seorang tentangga bernama Hafsia.

“Sampai besoknya ternyata Ibu belum juga pulang ke rumah,” katanya.

Pencarian pun, telah dilakukan pihak keluarga ke ke kebun yang jaraknya kurang lebih dua kilometer dari perkampungan. Namun, hasilnya Waburi tak pernah ditemukan.

Selain di kebun,  pencaraian juga telah dilakukan ke beberapa tempat lain yang biasa Waburi datangi, namun sampai dengan sore hari, usaha yang dilakukan tak membuahkan hasil. Mereka lalu memutuskan untuk melaporkan kejadian itu ke pihak desa setempat.

Aksi pencarian telah dilakukan pihak Pemerintah Desa Bemo Perek dengan membuat pengumuman di balai desa dengan mengarahkan semua warga dan meminta bantuan aparatur Babinsa.

Lokasi pencarian diperluas sampai ke muara sungai Bobot Masiwang. Namun, hingga saat ini usaha itu pun tak membuahkan hasil. Waburi hilang bagai ditelan bumi,  jejaknya pun tak diketahui.

La Mau menambahkan, kejadian hilangnya Waburi ini bukan baru pertama kali. Korban sudah tiga kali menghilang, namun biasanya beberapa hari hilang langsung ditemukan sehingga keluarga memutuskan tidak melaporkan dulu ke pihak kepolisian.

Peristiwa hilangnya Waburi ini telah diketahui Polres SBT. Lewat group WhatsApp Humas Polres SBT telah disampaikan ciri-ciri korban Waburi dengan tinggi 160 cm, kulit putih, rambut lurus beruban, bentuk tubuh kurus.  

Informasi hilangan Waburi sudah menjadi viral di sejumlah media sosial,  berbagai kalangan di SBT ikut membegikan informasi kehilangan warga asal Desa Bemo Perek itu (*)

Pewarta : Azis Zubaedi