BERITABETA.COM, Bula – Warga Desa Bemo Perak, Kecamatan Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tidak tinggal diam di tengah kondisi pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini. Atas dukungan pemerintah desa, mereka aktif  melakukan pencegahan  Covid -19 dan sejumlah aksi yang meliputi pembagian masker kepada warga  dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan ini dilakukan pada Jumat (19/6/2020)  dengan melibatkan sejumlah warga, pemerintah desa melakukan  penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan desa mulai pukul 09.15 WIT hingga selesai.

Rangkaian kegiatan itu, digelar bersamaan dengan pembagian masker dari Pemerintah Desa dan juga dilanjutkan dengan pembagian Bantuan Lansung Tunai (BLT) Tahap II kepada masyarakat yang berhak mendapatkan.

Kegiatan yang berlangsung di gedung belajar anak usia dini itu,  dihadiri oleh semua perangkat desa, Pendamping Desa, dan disaksikan pihak Koramil Bambang S dan Kapolsek, S.Tianotak.

Peyaluran BLT Dana Desa Tahap II ini disesuaikan dengan kriteria penerima BLT yakni keluarga miskin atau tidak mampu tetapi tidak termasuk penerima PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan pemerintah daerah, provinsi, pusat.

Dalam kesempatan itu, karteker Desa Administrasi Bemo Perak, Awaludin La Idi mengatakan, sesuai surat keputusan yang dibuat warga yang berhak menerima BLT dari Dana Desa katagori masyarakat miskin dan tidak mampu  sebanyak 74 KK dengan total penerima sebesar Rp. 600.000 dalam I tahap.

“Semoga dengan bantuan ini, kebutuhan masyarakat menghadapi dampak pendemik ini dapat terbantu dan dapat digunakan dengan baik” ungkapnya.

Kapolsek Kecamatan Werinama  S.Tianotak, mengatakan masyarakat bisa menyadari betul apa yang menjadi himbauan kebijakan dan langkah  pemerintah, dalam hal mengatsai penyebaran virus corona.

“Yang penting  masyarakat harus taat kepada langkah pemerintah, terutama desa yang sudah dibentuk Tim Gugus Covid- 19. Mereka ditugaskan di pos untuk dapat mendeteksi mayarakat yang datang dari luar dan saya berharap tim gugus harus pro aktif dan masyarakat harus menyadari itu,” pintanya.

Hal senada juga disampaikan Koramil Kecamatan Werinama Bambang S yang menghimbau kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kepeduliannya.

“Sehebat apapun pemerintah mengeluarkan regulasi dan dukungan tim gugus tugas yang dibentuk termasuk TNI- Polri, namun tanpa kesadaran masyarakat hal ini sia sia. Jadi saya berharap kepada masyarakat agar beraktifitas sesuai protap kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” pintanya (BB-AZ)