BERITABETA.COM, Ambon – Dewan Pengurus Cabang [DPC] Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Santo Fransiskus Xaverius Ketedral Ambon masa bhakti 2021-2024 resmi dilantik dalam Perayaan Ekaristi Hari Raya Tritunggal Maha Kudus, Minggu (12/6/2022).

Acara pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan WKRI Cabang Katedal Ambon, Nomor : SKEP/01/DPC-KA/VI/2022 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Wanita Katolik RI Sebagai Dewan Pengurus Cabang masa bhakti 2021-2024 Dalam Wilayah Keuskupan Amboina.

Pengurus DPC WKRI Cabang Katedral Ambon dilantik oleh Ketua Cabang Saswaty Matakena dan menerima berkat perutusan dari Wakil Uskup Wilayah Pulau Ambon, RD Amandus Oratmangun.

Usai dilantik, pengurus DPC WKRI Cabang Katedral Ambon mengucapkan janji pengurus dihadapan Tuhan dan dihadapan umat Allah sebagai anggota gereja dan anggota masyarakat.

Wakil Uskup Wilayah Pulau Ambon RD.Amandus Oratmangun dalam homilinya mengatakan, Allah Tri Tunggal ada dalam sebuah persekutuan cinta.  Allah Bapa Putra dan Roh Kudus dihubungkan dengan cinta.

Dikatakan, Allah itu kasih, diantara ketiga ini terhubung cinta kasih. ”Saya mengharapkan WKRI dari Presidium harus kerja tuntas seperti Allah Bapa, dari cabang-cabang harus tuntas juga seperti Allah Putra, dan ranting-ranting juga bekerja harus tuntas seperti Roh Kudus. Jadi jangan kerja setengah-setengah hati,”pesan Pastor Man.

Ditambahkan, melayani Tuhan harus total jangan setengah hati, sebab ketika bekerja dengan total maka pasti semuanya akan mencintai Wanita Katolik Republik Indonesia.

“Kalau kerja setengah-setengah, cinta juga setengah-setengah dan hasil juga setengah-setengah. Tapi mari kita mencintai WKRI ini dengan cinta yang total dan dengan karya yang total semoga saja hari ini dan seterusnya Wanita Katolik tampil sebagai orang yang menjadi teladan dengan cinta kasih ditengah keluarga di tengah rukun, di tengah masyarakat dan di tengah gereja,”tutup Pastor man Oratmangun.

Usai pelantikan, Ketua Cabang Saswaty Matakena yang dimintai komentarnya menyampaikan proficiat bagi pengurus yang baru dilantik.

Dikatakan, WKRI memiliki tiga ciri khas sebagai keutamaannya, Pertama adalah membangun dan mengembangkan ibu-ibu gereja. Kedua, dalam melaksanakan tugas-tugas menonjolkan nilai-nilai keadilan dan kebenaran, dan Ketiga adalah memancarluaskan nilai-nilai kristiani, nilai injili dan ajaran-ajaran sosial gereja.

Dirinya berharap ibu-ibu yang sudah menyatakan janji pengurus dihadapan Tuhan dan dihadapan umat Allah bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab untuk memajukan organisasi kedepan.

Dirinya menambahkan, setelah pelantikan akan dilanjutkan dengan Rapat Kerja yang dilaksanakan dilantai tiga pastoran, untuk menyusun  dan menetapkan program kerja selama masa bhakti 3 tahun.

Untuk diketahui Ketua Cabang Saswaty Matakena dan Wakil Ketua Cabang WKRI Katedral Ambon Benedikta Horokubun, merupakan unsur pimpinan yang terpilh dalam Konferensi Cabang WKRI Katedral Ambon yang berlangsung pada tanggal 11 Desember 2021 lalu dan telah dilantik oleh anggota Presidium 1, Ibu Peggy Suitela serta menerima berkat perutusan dari pastor Penasahet Rohani RD Paul Kalkoy

Sehingga sesuai AD/ART organisasi, Ketua Cabang yang melantik Dewan Pengurus Cabang Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon masa bhakti 2021-2024  (*)

Editor : Redaksi