BERITABETA.COM, Ambon – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Ambon, Ibukota Provinsi Maluku tercatat dua kasus. Pemerintah Kota atau Pemkot Ambon melalui Dinas Kesehatan pada Selasa (7/12/2021) akan melaksanakan vaksinasi terhadap 1000 orang warga di kota bertajuk manise tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy mengatakan, vaksinasi massal ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Jalan Pattimura No.1 Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

"Besok [Selasa 7 desember 2021] kami menggelar vaksinasi massal di Lapangan Merdeka. Target kami 1.000 orang warga akan divaksin untuk semua dosis, mulai dosis pertama maupun dosis kedua," kata Wendy Pelupessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (06/12/2021).

Dia menjelaskan, pemberian dosis disesuaikan dengan peserta yang akan menerima suntikan vakisn. Bila pada vaksin pertama pakai Sinovac, maka dosis kedua juga disuntuk dengan jenis vaksin yang sama.

Sebaliknya jika ada warga yang baru atau perdana mau disuntik vaksin, maka petugas dapat memberikan jenis vaksin semisal Moderna.

“Tentunya untuk vaksinasi massal ini kami siapkan semua jenis dosis vaksin,” timpalnya.

Dia mengakui animo masyarakat di Amnon untuk ikut program vaksinasi masih rendah. Hal tersebut karena sudah banyak warga di Ambon yang menerima vaksin.

"Vaksin dosis pertama 85 persen, dosis kedua 52 persen. Saat ini kami kejar untuk pemberian vaksin dosis dua," imbuhnya.

Dia menyebut warga kota Ambon yang sudah menerima vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga hingga kini sebanyak 379,806 dosis/orang.